Maskoki Ranchu China Vs Thailand

Maskoki ranchu mempunyai penggemar sendiri. Selama ini maskoki rancu yang beredar merupakan hasil ternakan penangkar di China dan Thailand, keduanya menjadi kiblat perkembangan maskoki ranchu di Asia selain Jepang.


Sejatinya kedua kiblat maskoki ranchu tersebut mempunyai ciri berbeda dari cara menikmati ikan tersebut. Maskoki ranchu China lebih banyak didominasi menarik jikalau melihatnya dari samping atau side view, sedangkan maskoki Thailand menawan jikalau menikmatinya dari atas atau top view lantaran coraknya berkumpul di atas punggung dan ekor.


China sendiri sudah menangkarkan ranchu semenjak zaman Dinasti Sung sampai sekarang. Para penangkar di Thailand  baru 15 tahun kemudian ulet menangkarkan ranchu yang mayoritas diperoleh dari Jepang. Para penangkar maskoki ranchu di Thailand mengacu kepada Ranchu Okayama Breeder. Sebab itu masuk akal apabila jenis dan sosok  maskoki ranchu yang ditangkarkan di Thailand sama mirip di Jepang.


1.  Punggung


Thailand: Maskoki ranchu mempunyai punggung melengkung. Jika diamati dari atas ia terkesan datar dan memanjang kemudian tampak menurun di erat pangkal ekor.


China: Punggung ikan melengkung agak lebih bulat. Jika dilihat dari samping  tampak langsing tapi perut membuncit. Yang paling manis bebas dari benjolan lemak di sepanjang punggung.


 2.  Pangkal ekor


Thailand: Pangkal ekor merupakan kelanjutan dari punggung berukuran sedikit mengecil, tapi ujungnya tetap berbentuk persegi.  Pangkal ekor besar dan kokoh. Posisi sirip  di pangkal ekor lebih melekat dan lebih maju beberapa sentimenter.


China: Pangkal ekor mengerucut. Bila diamati lebih seksama sirip ekor itu  melekat persis di ujung pangkal ekor.


 3.  Sirip ekor


Thailand: Sirip ekor mempunyai ukuran  seimbang di kiri dan kanan. Jika ditarik garis lurus akan tampak simetris.


China: Sirip ekor kuncup. Ia lebih mirip dekapan dua telapak tangan yang melekat tegak lurus. Sebab itu jikalau dilihat dari atas mirip segitiga yang  mengerut.


4.  Kepala


Thailand: Tonjolan berupa lemak menyebar teratur dan merata. Jika diamati dari atas terlihat mirip huruf  U dan mirip  kepala naga.


China: Tonjolan lemak mengumpul di kepala cuilan depan. Kadang-kadang bentuknya tidak teratur dan lebih menjorok ke arah mulut.


5.  Postur


Thailand: Sosok tampak agak memanjang. Bila bundar justru tidak sedap dipandang karena terkesan gendut.  Panjang badan 10-15 cm.


China: Postur  badan bundar telur. Menggelembung di perut, tapi pribadi mengecil di pangkal ekor. Panjang badan rata-rata 30 cm bahkan lebih.


Maskoki ranchu mempunyai penggemar sendiri Maskoki Ranchu China Vs Thailand


 6.  Corak


Thailand: Dikenal 2 corak, merah dan putih. Berdasarkan banyak tidaknya corak di punggung dan ekor sampai kini dikenal 5 tipe ranchu.  Ada tosakin, kawaii, oya, dan nisai. Contoh kawaii dari kepala sampai sirip  ekor lebih banyak didominasi merah.


China: Penyebutan nama mengikuti corak. Jika bercorak pancawarna disebut ranchu kaliko; hitam, black ranchu; terdapat 2 tonjolan di hidung,  ranchu pompom


Belum ada Komentar untuk "Maskoki Ranchu China Vs Thailand"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel