Bonggol Pisang Sumber Pupuk Hayati

Pupuk hayati gampang dibentuk dengan materi yang ada di sekitar kita Bonggol Pisang Sumber Pupuk Hayati


Pupuk hayati gampang dibentuk dengan materi yang ada di sekitar kita. Salah satunya ialah memanfaatkan bonggol pisang. Bonggol pisang ternyata mempunyai banyak senyawa penting untuk pertumbuhan tumbuhan ibarat mengandung hormon tumbuh alami giberelin dan sitokinin.


Sudah begitu bonggol pisang merupakan rumah bagi mikroorganisme bermanfaat ibarat Azospirillum, Azotobacter, Bacillus, Aspergillus, dan beberapa mikroba pelarut fosfat. Kehadiran mikroorganisme tersebut berkhasiat sebagai dekomposer atau pengurai materi organik dan penyubur tanah.


Dengan banyak manfaat tersebut bonggol pisang sanggup dibentuk menjadi pupuk hayati. Cara pembuatan mudah. Pertama siapkan 1 kg bonggol pisang, 0,5 kg gula merah, dan 2 liter air cucian beras. Kedua, bonggol dicacah halus lantas ditaruh dalam jerigen kapasitas 10 liter bersama air beras dan gula merah yang sudah dilarutkan.


Tutup jerigen dengan plastik. Pada plastik diberi lubang udara yang tersambung slang plastik yang dihubungkan dengan botol berisi air. Gunanya semoga gas hasil fermentasi sanggup keluar dan tertampung di dalam botol. Fermentasikan seluruh materi selama 15-20 hari. Terakhir ketika dipakai untuk menyemprot tanaman, encerkan larutan dengan perbandingan 1:50.


Belum ada Komentar untuk "Bonggol Pisang Sumber Pupuk Hayati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel