Cara Mudah Menanam Sirih Di Rumah

Panduan Lengkap Cara Praktis Menanam Sirih Di Rumah Bagi Pemula


Sirih (Piper betle) ialah salah satu jenis tumbuhan obat orisinil Indonesia. Tanaman sirih tumbuh merambat atau bersandar pada batang tumbuhan lain atau media rambat lainnya, tinggi tumbuhan ini sanggup mencapai 15 meter. Batang tumbuhan sirih berwarna coklat kehijauan dengan bentuk bulat, beruas, batang tersebut ialah daerah keluarnya akar. Daun tumbuhan sirih mempunyai bentuk menyerupai hati dengan ujung runcing, tumbuh berseling, mempunyai tangkai dan apabila diremas maka akan mengeluarkan amis yang sedap.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Ordo: Piperales

Famili: Piperaceae

Genus: Piper

Spesies: P. betle


Sebagai tumbuhan obat, sirih sanggup dimanfaatkan untuk mengobati aneka macam penyakit menyerupai Batuk, Sariawan, Demam berdarah, Bronchitis, Bau ekspresi dan masih banyak lagi. Karena keuntungannya yang luar biasa tersebut, banyak orang yang menanam tumbuhan ini dirumahnya. Berikut ialah cara menanam sirih :


Ada 3 cara menanam daun sirih ini yaitu dengan teknik stek, dengan teknik merunduk, dan dengan teknik stek air.


Cara Menanam Sirih


a. Cara Menanam Tanaman Daun Sirih dengan Teknik Stek

Untuk menerima bibit stek, pilihlah batang tumbuhan daun sirih yang sudah renta kemudian potong batang tumbuhan sirih yang telah anda pilih sepanjang dua ruas dengan memakai pisau atau yang lainnya. Jika sudah selanjutnya rendam batang tersebut dalam air selama sekitar 15 menit.


Siapkan polybag tanam berdiameter 10 cm dan media tanam yang akan dipakai untuk menanam. Media tanam dibentuk dari adonan tanah, pupuk kompos dan pasir dengan perbandingan 3 : 3 : 1. Setelah media tanam siap, masukan media tanam tersebut dalam polybag tanam yang telah dilubangi dahulu belahan bawahnya semoga pada ketika penyiraman air tidak menggenang.


Apabila telah siap semua, maka selanjutnya lakukan penanaman. Tancapkan bibit stek yang telah disiapkan pada media tanam dalam polybag tanam. Jika sudah, tempatkan polybag yang telah ditanami bibit stek pada daerah yang teduh dan jangan lupa lakukan penyiraman secara rutin 2 x sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Apabila tunas telah tumbuh lebat, maka bibit sanggup ditanam ke lahan tanam sesungguhnya.


b. Cara Menanam Tanaman Daun Sirih dengan Teknik Merunduk

Pilihlah batang sulur yang panjang dari tumbuhan daun sirih, kemudian atur sulur semoga sulur merunduk atau menjuntai hingga melekat pada media tanam berupa adonan tanah, pupuk kompos dan pasir. Lakukan penyiraman teratur semoga sulur yang melekat pada media tanam mengeluarkan akar.


Jika sulur tumbuhan sirih yang melekat pada media tanam telah tumbuh, potong sulur tersebut kemudian pindah tanamkan ke polybag tanam atau pot tanam yang telah didisi dengan media tanam berupa adonan pasir dan pupuk kompos. Lakukan penyiraman secara teraur semoga tumbuhan daun sirih sanggup tumbuh dengan optimal.

Teknik merunduk ini biasanya diterapkan pada tumbuhan daun sirih merah dan daun sirih hitam.


c. Cara Menanam Tanaman Daun Sirih dengan Teknik Stek Air

Potong belahan batang sulur daun sirih yang telah renta dan sehat atau terbebas dari hama penyakit dengan pisau atau alat lainnya. Setelah dipotong, rendam batang sulur daun sirih tersebut dalam air (yang direndam belahan batang sulurnya saja, daunnya tidak perlu direndam) dan tempatkan pada lokasi yang lembab.


Setelah direndam sekitar 4 hari hingga 7 hari, akar pada batang sulur akan mulai tumbuh. Jika akar pada batang sulurtelah tumbuh maka pindah tanamkan bibit pada polybag atau pot tanam yang telah diisi dengan media tanam berupa adonan tanah, pupuk kompos dan pasir.


Lakukan penyiraman secara teratur sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari semoga kbutuhan air tumbuhan daun sirih terpenuhi, namun apabila tumbuhan telah cukup umur maka penyiraman sanggup dilakukan sehari sekali atau juga sanggup du hari sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Praktis Menanam Sirih Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam Sirih Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel