70% Perempuan Obesitas Berisiko Kanker Payudara

Perempuan yang mengalami obesitas alias kegemukkan perlu waspada 70% Perempuan Obesitas Berisiko Kanker PayudaraPerempuan yang mengalami obesitas alias kegemukkan perlu waspada. Studi gres yang dilakukan peneliti di Roswell Park Cancer Institute di New York, Amerika Serikat, mengatakan 70% wanita obesitas mempunyai risiko terkena kanker payudara.


Kehadiran kanker payudara itu karena wanita obesitas mempunyai penanda gen mTOR. Penanda gen itu sedikit dijumpai pada wanita yang tidak mengalami obesitas. Pada wanita obes penanda mTOR meningkat 210%.


Menurut Yuan David Cheng, peneliti, wanita obesitas berkulit putih mempunyai penanda gen mTOR lebih banyak 8 kali lebih tinggi. Studi yang dilakukan pada 1.300 wanita kulit putih dan 1.300 wanita berkulit hitam di New York dan New Jersey dengan kisaran umur 20-70 tahun mengatakan hal itu. “Perempuan dengan Body Mass Index (BMI) 25 atau lebih mempunyai gen mTOR lebih banyak,” kata Cheng.


Sejatinya gen mTOR terlibat dalam pertumbuhan sel dan pembentukan pembuluh darah. Keduanya memegang peranan penting bagi pertumbuhan kanker. Mengapa gen tersebut aktif pada wanita obesitas? Hal itu karena gen mTOR terpicu aktif tanggapan asupan energi dari kalori berlebihan. “Asupan energi berlebihan menciptakan gen aktif dan kanker tumbuh,” kata Cheng yang mempresentasikan studi itu pada pertemuan American Association for Cancer Research.


Belum ada Komentar untuk "70% Perempuan Obesitas Berisiko Kanker Payudara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel