Seri Padi Unggul (3): Padi Mutasi Radiasi BATAN

 varietas padi unggul mutasi radiasi menyerupai Diah Suci Seri Padi Unggul (3): Padi Mutasi Radiasi BATANSejak 2012 Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) telah melepas 20 varietas padi unggul mutasi radiasi menyerupai Diah Suci, Mira-1, Bestari, Inpari Mugibat, dan Inpari Sidenuk. Seluruh varietas itu cocok untuk lahan sawah irigasi.


Padi-padi yang mempunyai sifat unggul terpilih itu merupakan hasil seleksi dan penyinaran benih melalui radiasi. Radiasi yang dilakukan menggunakan sinar Gamma bisa merubah kromosom yang berujung kepada perubahan sifat-sifat tanaman.


Secara umum padi mutasi radiasi mempunyai sifat genjah, produktivitas tinggi, mempunyai ketahanan terhadap hama dan penyakit lebih baik.


Padi Mira-1 misalnya, merupakan hasil dari penyinaran benih varietas Cisantana menggunakan sinar Gamma Kobalt 60 takaran 0,20 kGy pada 2000. Keunggulan Mira-1 yaitu berproduksi tinggi, tahan hama wereng biotipe 2 dan agak tahan biotipe 3. Sudah begitu Mira-1 mempunyai tekstur nasi pulen.


Salah satu varietas yang menjadi favorit petani yaitu Inpari Sidenuk. Sidenuk yang merupakan abreviasi dari Si Dedikasi Nuklir itu genjah dengan masa pemeliharaan 103 hari dengan produksi mencapai 9,1 ton gabah kering giling per hektar. Inpari Sidenuk berasal dari penyinaran varietas Diah Suci yang mempunyai tetua varietas Cilosari dan IR 74.


 varietas padi unggul mutasi radiasi menyerupai Diah Suci Seri Padi Unggul (3): Padi Mutasi Radiasi BATAN


 varietas padi unggul mutasi radiasi menyerupai Diah Suci Seri Padi Unggul (3): Padi Mutasi Radiasi BATAN


Belum ada Komentar untuk "Seri Padi Unggul (3): Padi Mutasi Radiasi BATAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel