8 Langkah Remajakan Pohon Kakao

Teknologi sambung samping sekarang menjadi pilihan para pekebun untuk meremajakan pohon kakao  8 Langkah Remajakan Pohon KakaoTeknologi sambung samping sekarang menjadi pilihan para pekebun untuk meremajakan pohon kakao tua, di atas umur 15 tahun. Saat itu produksi buah menurun untuk populasi 900-1.000 pohon/ha dari semula 2 ton menjadi 500 kg.


Salah satu cara untuk menciptakan pohon kembali muda sehingga produksinya normal kembali yaitu teknik sambung samping.


Teknik sambung samping memiliki banyak kelebihan ibarat peremajaan dalam waktu singkat. Tujuh bulan pascapenyambungan, pohon bisa berbunga kembali. Dari bunga menjadi buah siap panen perlu 5—6 bulan sehingga dalam waktu setahun pekebun sudah sanggup menuai hasil.


Nah jika harus menebang seluruh pohon dan menanam ulang, pekebun gres sanggup memanen 3 tahun kemudian. Pekebun tetap sanggup memanen kakao, walau entres yang disambung belum berproduksi.


Hasil buah dari batang bawah tetap sanggup dipertahankan. Beberapa klon usulan untuk batas atas yaitu sulawesi 1, sulawesi 2, ICS60, ICS 13, TSH 858, UIT 1, GC 7, RCC 70, RCC 71, RCC 72, dan RCC 73. Penyambungan sebaiknya pada awal demam isu hujan. Kunci keberhasilan sambung samping yaitu tercukupinya kebutuhan air pada entres untuk mencegah dehidrasi.


8 Langkah Remajakan Kakao


1. Siapkan gunting pangkas, pisau okulasi, kantung plastik berukuran 18 cm x 18,5 cm dan tebal 0,01 mm, serta tali rafia ukuran 1,25 m-1,5 m. Jika hendak menyungkup, gunakan plastik lembaran 20 cm x 30 cm.


2. Tentukan lokasi penyambungan di batang utama atau cabang sekunder. Posisi sambung samping minimal 50-60 cm di atas permukaan tanah. Pilih bab yang halus dan tanpa mata tunas. Sebuah pohon sanggup disambung samping sampai 2 buah masing-masing sebuah sambungan di sisi kiri dan kanan.


3. Sayat kulit batang selebar 1 cm dan panjang 2-4 cm dengan pisau bersih. Ketebalan sayatan mencapai kambium. Kemudian buka sayatan dengan hati-hati semoga tak merusak kambium.


4. Ambil entres atau mata tunas dari klon unggul sepanjang 20 cm atau terdiri atas 5 mata tunas. Sayat miring pangkal entres atau runcing kira-kira 3-4 cm.


5. Masukkan entres ke dalam dasar lubang sayatan. Sisi sayatan entres menghadap batang bawah. Tutup kulit batang bawah sambil ditekan memakai ibu jari tangan. Selimuti entres dengan kantung plastik dan ikat berpengaruh dengan tali rafia untuk mencegah air hujan masuk. Buat sambungan di lebih satu daerah untuk mencegah kayu batang bawah keropos atau tunas gres tumbang.


6. Bila kondisi entres pada 3-4 pekan usai penyambungan tampak segar, mengambarkan proses sambung samping berhasil. Bila entres kering atau bacin lakukan penyulaman.


7. Untuk menyulam, lakukan sambung ulang pada sisi yang berlawanan dengan letak sambungan awal. Bila tunas yang tumbuh panjangnya 2-3 cm, tutup entes bisa dibuka bertahap. Tujuannya memberi kesempatan tunas berkembang sempurna. Dua bulan pascapenyambungan biasanya entres menempel bersahabat pada batang bawah.


8. Tiga bulan pascasambung samping, pangkas setengah tajuk batang bawah. Pemangkasan pemeliharaan dilakukan umur 7-10 hari pascapenyambungan dengan memotong ranting yang terlalu rimbun.


Belum ada Komentar untuk "8 Langkah Remajakan Pohon Kakao"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel