Cara Efektif Buahkan Tanaman Lada

Tanaman subur dan lingkungan lahan bebas gulma Cara Efektif Buahkan Tanaman LadaWijarnarko di Blitar, Jawa Timur sudah 2 tahun merawat sekitar 25 tumbuhan lada di lahan seluas 200 m2. “Tanaman subur dan lingkungan lahan bebas gulma,” katanya. Namun ke-25 lada itu tak kunjung berbuah. Adakah yang salah pada budidayanya?


Sejatinya terdapat beberapa faktor yang perlu dicermati oleh pekebun menyerupai Wijarnako supaya tumbuhan lada lekas berbuah dari semenjak awal penanaman. Pertama, pakailah hibrida yang berasal dari setek batang utama. Tanaman yang berasal dari setek tersebut biasanya akan berbuah sesudah 1,5 tahun.


Kedua, tumbuhan subur menyerupai milik Wijarnako itu terjadi karena tanah di lahan kaya senyawa nitrogen (N). Sayangnya, kondisi itu memicu tumbuhan lebih lambat berbuah. Solusinya dengan memberi pupuk KCl sampai takaran dua kali lipat ajuan supaya tumbuhan terangsang untuk berbuah.


Ketiga, pangkas batang utama sekitar 3-5 ruas dari ujung. Pemangkasan mempunyai kegunaan untuk menghilangkan dominasi apikal yang berujung merangsang tumbuhan berbunga. Pemangkasan sanggup diimbangi dengan sumbangan hormon ethephon alias ethrel sebanyak 50 mg dalam 1 liter air. Semprotkan tipis-tipis ke sekujur tanaman. Hormon ethephon mempunyai beberapa manfaat menyerupai mempecepat pembungaan sehingga mempersingkat masa budidaya.


Belum ada Komentar untuk "Cara Efektif Buahkan Tanaman Lada"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel