Serasah Bambu Hambat Gulma

Ada yang istimewa ketika melihat tiga pot aglaonema mili Siti Rukiyah di Salatiga Serasah Bambu Hambat GulmaAda yang istimewa ketika melihat tiga pot aglaonema mili Siti Rukiyah di Salatiga, Jawa Tengah. Di atas media tanam pot tersebut terdapat serasah daun bambu setebal satu ruas jari. “Serasah ini bisa menghambat pertumbuhan gulma,” ujar wanita 46 tahun itu.


Siti Rukiyah hanya perlu membilas serasah daun bambu yang dipungut di sekitar rumpun bambu lantas mengeringanginkan selama sehari sebelum ditaruh di atas media tanam aglaonema.


Kemampuan serasah bambu menghambat gulma karena ia bisa memblokir sinar matahari semoga tidak mengenai permukaan media tanam sehingga benih gulma pun kesulitan tumbuh. Selain itu daun bambu juga mempunyai senyawa alelopati berupa asam fenolat yang sanggup menjadi “racun” bagi gulma.


Bukan hanya itu, serasah bambu mempunyai manfaat lain bagi tanaman. Ia sanggup memasok nutrisi makro bagi tumbuhan, yaitu kalium. Aplikasi serasah daun bambu untuk menghambat gulma sanggup diterapkan di bedengan sayuran yang lazim diserbu aneka gulma seperti jukut pahit Axonopus compressus dan rumput teki Cyperus rotundus. Yang disebut terakhir termasuk sulit dikendalikan karena bijinya sanggup bertahan usang di tanah.


Belum ada Komentar untuk "Serasah Bambu Hambat Gulma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel