Klasifikasi Makhluk Hidup 5 kingdom – Apa Sajakah itu?

Secara sederhana yang dimaksud dengan pembagian terstruktur mengenai ialah pengelompokkan. Sebagai pola keanekaragaman kucing, terdapat bermacam-macam jenis kucing yang ada di duna ini, mirip kucing domestik/lokal, anggora, persia dan masih banyak jenis lainnya atau jenis sayuran yang sangat beragam. Dari pola tersebut untuk memudahkan kita dalam memperlajari atau membedakan semua jenis makhluk hidup maka diperlukan suatu sistem pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup.


Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup


Klasifikasi makhluk hidup ialah pengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan-golongan atau unit-unti tertentu menurut persamaan atau perbedaan cirinya. Tujuan dari pembagian terstruktur mengenai ini ialah memudahkan kita dalam mengenal , mengetahui dan mempelajari hubungan antar makhluk hidup yang sangat beragam.


Menurut Ernst Mayr, mendefinisikan pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup sebagai pengaturan entitas dalam serangkaian kelas hirarkis, dimana setiap kelas yang hampir sama atau terkait pada satu tingkat hirarki digabungkan secara komprehensif menjadi inklusif di level kelas yang lebih tinggi.


Proses pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup dimulai dari pengelompokkan beberapa individu yang mempunyai persamaan ciri kedalalm satu kelompok. dan kelompok-kelompok yang terbentuk dari hasil pengklasifikasian tersebut disebut Takson. Sistem takson pada tingkat yang paling rendah mempunyai persamaan sifat dan ciri yang paling banyak, sedangkan takson pada tingkatan yang paling tinggi mempunyai persamaan sifat dan ciri lebih sedikit. Ilmu yang mempelajari ihwal pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup adlaah ilmu taksonomi.


Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup


Tujuan dari pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup ialah :


1. Mengelompokkan ciri-ciri dan persamaan yang dimiliki oleh masing masing makhluk hidup

2. Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis makhluk hidup untuk membedakan masing masing jenisnya

3. Menyederhakan objek studi

4. Mengetahui hubungan kerabat antar makhluk hidup

5. Memberi nama makhluk hidup sesua dengan jenis dan spesiesnya.


Sistem Klasifikasi


Berikut ini merupakan sistem pembagian terstruktur mengenai yang di kemukakan oleh Robert H.Whittaker yaitu sistem pembagian terstruktur mengenai 5 kingdom. Menurut Robert H.Whittaker menyebutkan bahwa makhluk hidup dibedakan menjadi kingdom Monera, Protista, Fungi (jamur), Plantae (tumbuhan), dan Animalia (hewan) . Selain 5 kingdom tersebut, terdapat juga golongan virus, namun virus tidak termasuk dalam golongan makhluk hidup, alasannya ialah mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya.


Dari 5 pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup diatas. Setiap kingdomnya dibagi menjadi beberapa filum (untuk hewan) dan divisi (untuk tumbuhan), lalu setiap filum atau divisi dibagi kembali menjadi beberapa ordo, setiap ordo dibagi lagi menjadi beberapa famili, setiap famili dibagi lagi menjadi beberapa genus, dan setiap genus dibagi lagi menjadi beberapa spesies (jenis). Semakin tingggi tingkatan taksonnya, semakin sedikit persamaan ciri yang akan dijumpai.


Secara sederhana yang dimaksud dengan pembagian terstruktur mengenai ialah pengelompokkan Klasifikasi Makhluk Hidup 5 kingdom – Apa Sajakah itu?


1. Ciri-ciri Monera


Kingdom monera mengacu pada jenis mikroorganisme, yang dianggap sebagai makhluk hidup peling primitif. Monera tidak mempunyai membran inti, meskipun tidak mempunyai membran inti, organisme ini mempunyai materi inti berupa asam inti atau DNA. Kerajaan ini terdiri dari kuman dan ganggang. Ahli mikrobiologi membedakan kuman menjadi 2 yaitu eubacteria dan archabacteria. Eubacteria ialah kelompok kuman yang menghasilkan gas metan dari sumber karbon yang sederhana dan hidup dilingkungan biasa. Sedangkan archabacteria merupakan kelompo kuman yang sanggup hidup dilingkungan ekstrim,misalnya pada suhu panas, didalam maritim dengan kadar garam yang tinggi, maupun ditempat yang asam.



Baca selengkapnya :

Klasifikasi, Ciri – Ciri Kingdom Monera Dan Cara Perkembangbiakannya



2. Ciri ciri Protista


Protista merupakan kingdom yang terdiri satu sel atau banyak sel dan mempunyai membran inti (organisme eukariot) serta bersel tunggal. Protista dikelompokkan menjadi tiga bagian,yaitu Protista yang mirip binatang (Protozoa), protista mirip tumbuhan(ganggang) dan protista mirip jamur. Protista sanggup dijumpai dimana saja dan hampir semua jenisnya hidup di air alasannya ialah protista tidak mempunyai pelindung yang sanggup menjaga tubuhnya dari kekeringan.



Baca selengkapnya :

 Klasifikasi , Ciri-Ciri Kingdom Protista dan Cara Perkembangbiakannya



3. Ciri-ciri Fungi


Fungi merupakan kingdom yang tidak mempunyai kloroplas. Kingdom ini umumnya bersel banyak, mempunyai membran inti dan berperan sebagai dekomposer pada lingkungan.Jamur mendapat masakan dengan cara benalu atau saprofit. Tubuh jamur ada terdiri dari satu sel berbentuk benang, dengan dinding sel tersusun dari zat kitin.



Baca selengkapnya :

Klasifikasi , Ciri-Ciri Kingdom Fungi Dan Cara Perkembangbiakannya



4. Ciri-ciri Plantae


Plantae atau tanaman merupakan organisme yang mempunyai membran inti (Eukarotik) yang sanggup menciptakan masakan sendiri dan bersel banyak serta mempunyai kloropas. Dalam kloropas terkandung klorofil, maka dari itu tanaman melaksanakan fotosintesis. Plantae pada umumnya mempunyai akar, batang dan daun, kecuali lumut yang mempunyai akar semu (rizoid).



Baca Selengkapnya :

Klasifikasi, Ciri – Ciri Kingdom Plantae, Dan Sistem Organ Pada Tumbuhan



5. Ciri-ciri Animalia


Animalia atau binatang merupakan organisme yang memakan makhluk hidup lain untuk kebutuhan masakan nya. Sel-sel binatang tidak mempunyai dinding sel. Hewan ada yang tinggal di laut, di air tawar dan di darat.



Baca selengkapnya :

Klasifikasi, Ciri-ciri Kingdom Animalia dan Cara Perkembangbiakannya



Tingkatan Klasifikasi Makhluk Hidup


Berdasarkan tujuan dan klarifikasi diatas, fungsi dari pembagian terstruktur mengenai ialah mempermudah dalam mempelajari makhluk hidup. Klasifikasi disusun dalam bentuk bertingkat menurut banyak sedikitnya dan perbedaan yang ada pada makhluk hidup, dan tingkatan tersebut disebut dengan Takson.


Tingkatan terkecil dari pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup ialah spesies, dan pembagian terstruktur mengenai terbesar ialah Kingdom. Penjelasannya akan di uraikan berikut ini:


Secara sederhana yang dimaksud dengan pembagian terstruktur mengenai ialah pengelompokkan Klasifikasi Makhluk Hidup 5 kingdom – Apa Sajakah itu?


1. Kingdom


Kingdom ialah tinggkatan tertinggi dalam pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup. Pada awalnya makhluk hidup hanya dikelompokkan menjadi dua kingdom yaitu plantae dan animalia. Namun seiring dengan perkembangnya pengetahuan kini ini makhluk hidup dikelompokkan menjadi enam kingdom, yaitu Monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia, dan virus.


2. Divisi atau Filum


Pada tahap pembagian terstruktur mengenai kedua ialah divisi atau filum, merupakan pembagian kelompok kelompok lebih kecil dari kingdom ke divisi/filum. Divisi merupakan sebutan untuk kelompok tumbuhan, dan filum sebutan untuk kelompok hewan.


3. Kelas


Tahap selanjutnya sesudah pengklasifikasian divisi/filum adalh kelas. Dari setiap divisi/filum dipecah lagi menjadi kelompok kelompok kecil yang disebut dengan Kelas. Dasar dari pengelompokkannya memakai sifat atau ciri-ciri umum. Misalnya divisi spermatophyta begai menjadi dua kelas yaitu kelas dikotil dan kelas monokotil.


4. Ordo


Dari tahap pengklasifikasian kelas dipecahkan lagi untuk menjadi kelompok yang lebih kecil yang disebut dengan Ordo. Dasar dari pengelompokkan ordo ialah sifat maupun ciri khususnya, contohnya kelas monokotil dibedakan atas beberapa ordo, yaitu rumput-rumputan, rumput teki, jahe-jahean, bakung-bakungan dan pandan-pandanan.


5. Famili


Selanjutnya pada tahap pengklasifikasian famili di pecah lagi menjadi kelompok yang lebih kecil. contohnya pada ordo bakung-bakungan dipecah lagi menjadi famili lili-lilian dan amarilis.


6. Genus


Pengelompokkan selanjutnya sesudah famili ialah pengklasifikasian genus. Yaitu setiap famili sanggup dibedakan lagi menjadi kelompok kecil lainnya yang disebut dengan Genus. Anggota genus mempunyai persamaan lebih banyak jikalau dibandingka dengan takson takson di atasnya. Misalnya famili lili-lilian terbagi lagi menjadi, genus lili, pengecap buaya, dan bawang-bawangan.


7. Spesies


Spesies merupakan tingkatan takson terendah dalam klasifikasi. Spesies merupakan bentuk bab pengelompokkan terkecil sesudah genus. Dan setiap genus sanggup mempunyai beberapa spesies. Misalnya, genus allium mempunyai dua spesies yaitu bawang merah dan bawang putih.


Demikian artikel seputar pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup. Semoga informasi yang diberikan sanggup bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih telah berkunjung di FaunadanFlora.com






Belum ada Komentar untuk "Klasifikasi Makhluk Hidup 5 kingdom – Apa Sajakah itu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel