Khasiat Terung Redam Kolesterol

Sejatinya kolesterol berperan penting ketika pembentukkan membran sel serta menjadi prekurso Khasiat Terung Redam KolesterolSejatinya kolesterol berperan penting ketika pembentukkan membran sel serta menjadi prekursor alias materi biosintesis hormon steroid serta asam empedu. Namun, jikalau jumlahnya di badan berlebihan, ia memicu penyakit atherosklerosis alias penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah arteri. Penumpukan berupa plak itulah biang kerok yang memicu serangan penyakit jantung dan stroke.


Hajah Irma di Padang, Sumatera Barat menyadari imbas kolesterol tinggi di badan tersebut. “Kakak lelaki saya terjangkit stroke alasannya ialah kolesterolnya tinggi selama bertahun-tahun,” ujar wanita 52 tahun itu. Kondisi tersebut mendorong Hajah Irma ketika ini menjaga contoh konsumsi. Ibu 4 anak itu lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah. Masakan sayuran favoritnya ialah terung ungu balado.


Terung ungu solanum melongena diketahui berguna dalam menurunkan kolesterol. Kulit sayuran buah yang berwarna keunguan itu mengandung flavonoid, vitamin A, Vitamin B1 dan B2, asam klorogenat, serta niacin. Niacin termasuk senyawa antioksidan yang menurut beberapa penelitian mempunyai kegiatan antikanker, antimikroba, serta sanggup menurunkan kolesterol.


Penurunan kolesterol itu karena niacin mampu menghambat sintesa LDL serta lipolisis sehingga organ hati tidak mempunyai cukup jumlah asam lemak untuk mensintesa lemak. Singkat kata proses itu pula yang melorotkan kadar kolesterol di badan sehingga kolesterol darah pun ikut turun.


Hal lain, serat bernafsu pada terung bermanfaat juga menurunkan kolesterol melalui peningkatan produksi empedu dengan cara mengubah kolesterol menjadi asam empedu serta garam, untuk selanjutnya dibuang badan melalui feses.


Riset Ferry Ferdiansyah MSi Apt dari Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran pada 2011 (tidak dipublikasikan) menawarkan ekstrak etanol buah terung ungu memang mempunyai efek signifikan terhadap penurunan total kadar kolesterol dan trigliserida pada plasma darah tikus putih yang menderita hiperlipidemia (kondisi kolesterol atau trigliserida tinggi). Dosis efektif pada percobaan itu ialah 20 mg/kg bobot.


Jadi, beruntunglah Hajah Irma yang menyukai sayuran terung karena konsumsi sayuran anggota keluarga Solaneceae itu sanggup meredam kolesterol tinggi di tubuhnya.


Belum ada Komentar untuk "Khasiat Terung Redam Kolesterol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel