Anyelir, Bunga Mediterania yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Bunga Anyelir, Bunga Mediterania Dengan banyak Manfaat untuk Kesehatan 


Bunga anyelir sering dikaitkan dengan lambang cinta dan kasih sayang dan rasa penghormatan. Anyelir atau dikenal juga dengan bunga teluki. dalam bahasa inggris dikenal dengan Carnation. Anyelir mempunyai nama latin Dianthus caryophyllus merupakan tumbuhan hias pekarang dan tumbuhan hias dalam pot yang berasal dari daratan mediterania. Kata Dianthus berasal dari bahasa yunani yang berarti tuhan (dios), bunga (anthos).


Bunga anyelir mempunyai warna bunga yang menarik, dengan warna teran serta warna warni. Anyelir sanggup hidup selama 18-20 bulan. Tanaman ini sanggup mencapai ketinggian hingga 2 meter, namun untuk sanggup tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Garis sentra batang tumbuhan bunga anyelir sanggup mencapai 1 cm. dan biasanya membengkak pada buku/ruas.


Ada dua jenis tumbuhan anyelir yaitu pertama yaitu anyelir dengan satu bunga pada satu tangkai dan yang kedua yaitu anyelir dengan banyak bunga pada satu tangkai.



Tanaman anyelir bisa tumbuh pada suhu siang berkisar 18-200 derajat celcius dan suhu malam berkisar 8-110 celcius. Dengan tumbuh baik pada cahay amatahari pernuh dengan penyinaran sekitar 44.000 luks.


Bunga anyelir mempunyai ciri-ciri pada bab daun cenderung runcing dengan tulang daun yang menyirip, sempit dan panjang. Sedangkan pada bab daun berwarna hijau keputih-putihan. Dengan diameter bunga 5cm – 10 cm.


Anyelir mempunyai kemiripan dengan bunga mawar, mempunyai warna yang beragam. Bunga ini terdiri dari lima petal dan mempunyai single atau dobel blooms, petalnya mempunyai sampingan yang berzig-zag. Bunga anyelir termasuk bunga perennial atau tumbuhan yang sanggup hidup lebih dari 2 tahun.


Beragamnya warna bunga anyelir, yang adakala juga menampilkan warna yang berbintik-bintik, menyebabkan komoditas ini banyak dicari. Tetapi dari seluruh warna yang ada, yang paling disukai yaitu warna merah panther dan kuning kunyit.


Bunga anyelir sering dipakai sebagai bunga pelengkap alasannya yaitu mempunyai bentuk dan warnanya yang indah dan feminim. Bunga ini juga sering diselipkan pada indera pendengaran para perempuan dalam tarian-tarian tertentu.


Selain itu bunga anyelir atau carnation ini dianggap sebagai bunga untuk orang kelahiran. Sama menyerupai halnya watu garnet dan bunga anyelir atau carnation yaitu bunga nasional negara Spanyol dan dipakai dalam hari-hari Istimewa menyerupai hari ibu, parent’s day, hari guru atau pernikahan. Bunga ayelir ini dianggap mengartikan sebagai kekaguman, keindahan, kasih sayang, pujian dan rasa berterima-kasih.


Pada bunga anyelir mempunyai kandungan saponin, sejenis diancinenosid A,B,C,D,E,F,G, dan H. Arabinopiranosil hederagenin glukopiranosil glukopiranosid, krisoeriol glukosid, isovitexin glukosid, dan sitosterol glukopiranosid, isoorientin glukosid.


Selain sebagai tumbuhan hias yang sangat indah dipandang mata, tumbuhan anyelir mempunyai manfaat dan khasiat.


Adapan manfaat dan khasiat taman anyelir bagi kesehatan yaitu :



  • Mengobati Diare

  • Mengobati infeksi salurah kemih

  • Mengobati kencing batu

  • Mengobati Sembelit

  • Menghilangkan Pusing

  • Mengobati Eksim

  • Melancarkan buang air kecil

  • Membersihkan darah

  • Melancarkan proses melahirkan



Ekologi dan penyebaran bunga anyelir


Anyelir merupakan tumbuhan yang pada umumnya dibudidayakan sebagai tumbuhan hias di kebun-kebun atau pekarangan. Tanaman ini sanggup tumbuh baik di kawasan pegunungan pada ketinggian 1.00 m hingga 1.800 m di atas permukaan laut. Memiliki tanah yang gembur dan subur.


Kondisi yang baik untuk menanam bunga ini yaitu tanah dengan tekstur liat gembur dan subur, serta berdrainase baik dan mempunyai PH antara 5,5 hingga 6,7.


Perbanyakan bunga anyelir sanggup dilakukan dengan cara stek, sedangkan untuk mendapat variasi warna dan bentuk bunga sering dilakukan dengan cara penyilangan.


Tanaman ini bisa hidung hingga 18 hingga 20 bulan yang merupakan salah satu bunga yang tertua yang di kultivasikan dan salah satu bunga yang paling terkenal. Tetap biar bunga ini sanggup memperlihatkan bunga yang optimal dan cantik, sebaiknya sesudah umur mendekati usia renta sudah digantikan dengan tumbuhan anyelir yang baru.



Klasifikasi Ilmiah Anyelir

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Caryophyllales

Famili: Caryophyllaceae

Genus: Dianthus

Spesies: D. caryophyllus

Nama binomial : Dianthus caryophyllus



Bunga Anyelir (Dianthus caryophyllus )

 Bunga Mediterania Dengan banyak Manfaat untuk Kesehatan  Anyelir, Bunga Mediterania yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan


 Bunga Mediterania Dengan banyak Manfaat untuk Kesehatan  Anyelir, Bunga Mediterania yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan


 Bunga Mediterania Dengan banyak Manfaat untuk Kesehatan  Anyelir, Bunga Mediterania yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan


 Bunga Mediterania Dengan banyak Manfaat untuk Kesehatan  Anyelir, Bunga Mediterania yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan



Demikian informasi yang disampaikan, semoga bermanfat .




Belum ada Komentar untuk "Anyelir, Bunga Mediterania yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel