Anoa- Klasifikasi dan Jenis- Jenis Anoa Dengan Penjelasan Lengkap

Klasifikasi dan Jenis- Jenis Anoa Dengan Penjelasan Lengkap


Hai Sahabat…..Kali ini kita akan membahas salah satu binatang endemik Sulawesi yaitu Anoa. Untuk lebih jelasnya mari ikuti pembahasan dibawah ini.


Anoa ialah binatang herbivora yang berasal dari famili Bovidae dan merupakan binatang endemik dari sulawesi khususnya Sulawesi Tenggara. Habitat anoa di hutan tropika daratan, sabana, kadang juga di rawa. Anoa ialah binatang yang hidup semi soliter atau hidup berpasangan atau sendiri dan akan bergabung dengan kawanan saat si betina akan melahirkan.  Anoa ialah binatang yang aktif pada sore hari saat udara masih dingin. Anoa mempunyai kebiasaan berendam di lumpur untuk mendinginkan tubuhnya. Makanan anoa ialah jenis aquatic feed atau masakan lembap menyerupai pakis, rumput, buah-buahan, tunas pohon, dan umbi-umbian. Terkadang untuk memenuhi kebutuhan mineral maka anoa akan meminum air laut.



Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mamalia

Ordo: Artiodactyla

Famili: Bovidae

Upafamili: Bovinae

Genus: Bubalus

Spesies:

B. quarlesi


B. depressicornis


Berdasarkan bentuk tanduk dan ukuran tubuh ada 2 spesies anoa yaitu Anoa pegunungan (Bubalus quarlesi) dan Anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis).



1. Anoa pegunungan (Bubalus quarlesi)

Kali ini kita akan membahas salah satu binatang endemik Sulawesi yaitu Anoa Anoa- Klasifikasi dan Jenis- Jenis Anoa Dengan Penjelasan Lengkap

Anoa pegunungan (Bubalus quarlesi) ialah jenis anoa yang berhabitat di pegunungan yang berada di Pulau Sulawesi dan Pulau Buton. anoa ini menentukan tinggal di kawasan yang mempunyai banyak vegetasi dan sumber air yang permanen serta jauh dari jangkauan manusia. Anoa pegunungan hidup secara soliter atau berpasangan. anoa pegunungan mempunyai ciri-ciri: mempunyai bulu yang sangat tebal dengan warna coklat gelap atau hitam. Memiliki tanduk yang relatif pendek, lurus dengan sudut mengarah kebelakang dengan panjang berkisar antara 15-20 cm. Panjang kepala sampai kaki pada anoa pegunungan sekitar 122-153 cm, Panjang ekornya mencapai 27 cm, dengan berat kurang dari 150 kg untuk anoa dewasa.


2. Anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis)

Kali ini kita akan membahas salah satu binatang endemik Sulawesi yaitu Anoa Anoa- Klasifikasi dan Jenis- Jenis Anoa Dengan Penjelasan Lengkap

Anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis) ialah jenis anoa yang banyak ditemui di hampir seluruh bab pulau sulawesi mencakup Sulawesi bab tengah, Sulawesi bab utara , Sulawesi bab  timur,  Sulawesi bab tenggara, dan pulau Buton pada kawasan dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. Anoa dataran rendah sering disebut dengan kerbau kerdil. Ciri ciri dari anoa ini adalah: mempunyai ukuran yang relatif lebih kecil, mempunyai ekor lebih panjang dan lembut, serta tanduk melingkar dan lebih panjang berkisar 18-37 cm, mempunyai bulu lebih jarang, mempunyai panjang tubuh sekitar 180 cm dengan berat tubuh berkisar antara 200 sampai 300 kg.


Demikian artikel pembahasan tentang”Anoa- Klasifikasi dan Jenis- Jenis Anoa Dengan Penjelasan Lengkap“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Anoa- Klasifikasi dan Jenis- Jenis Anoa Dengan Penjelasan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel