Lemon – Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi dan Manfaat Lemon

Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi  dan Manfaat  Lemon


Hai Sahabat……Kali ini kita akan membahas perihal salah satu jenis jeruk yaitu”Lemon”, untuk klarifikasi yang lebih terang mari simak pembahasan berikut ini.


Jeruk Lemon atau Sitrun atau limun yakni sejenis jeruk yang banyak tumbuh di kawasan beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin, mempunyai pohon berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 6 m. Buah ini biasa digunakan sebagai penyedap dan penyegar dalam seni tata boga, untuk dibentuk minuman dll.


Kali ini kita akan membahas perihal salah satu jenis jeruk yaitu Lemon – Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi  dan Manfaat Lemon  Kali ini kita akan membahas perihal salah satu jenis jeruk yaitu Lemon – Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi  dan Manfaat Lemon  Kali ini kita akan membahas perihal salah satu jenis jeruk yaitu Lemon – Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi  dan Manfaat Lemon


Klasifikasi Ilmiah Lemon

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub Kelas: Rosidae

Ordo: Sapindales

Famili: Rutaceae (suku jeruk-jerukan)

Genus: Citrus

Spesies: Citrus x limon


Kandungan gizi Lemon/100 gram :


Kalori (kcal) 28

Jumlah Lemak 0,3 g

Lemak jenuh 0 g

Lemak tak jenuh ganda 0,1 g

Lemak tak jenuh tunggal 0 g

Kolesterol 0 mg

Natrium 2 mg

Kalium 138 mg

Jumlah Karbohidrat 9 g

Serat pangan 2,8 g

Gula 2,5 g

Protein 1,1 g

Vitamin A 22 IU

Vitamin C 53 mg

Kalsium 26 mg

Zat besi 0,6 mg

Vitamin D 0 IU

Vitamin B6 0,1 mg

Vitamin B12 0 µg

Magnesium 8 mg




Lemon mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut yakni beberapa contoh manfaat dari Lemon,diantaranya:

1. Dapat digunakan untuk diet

Lemon bisa membantu memperlancar metabolisme tubuh sehingga lemon bisa digunakan sebagai penurun berat tubuh yaitu dengan cara mencampurkan lemon yang sudah di buat jus dengan sedikit madu dan air.Lalu minum dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan siang hari.

2. Dapat digunakan untuk merawat kulit kepala dan rambut

lemon sanggup digunakan untuk mengatasi rambut rontok akhir ketombe dan kerusakan akar rambut. hal ini sanggup dilakukan dengan cara lemon di peras dan ambil airnya kemudian usapkan pada rambut sebagai masker kemudian pijat tunggu selama 5 sampai 10 menit kemudian bilas.

3. Dapat digunakan untuk merawat kulit

banyak sekali manfaat dari lemon untuk kulit misalnya ibarat menghilangkan sel-sel kulit mati pada tubuh dan wajah, hal ini sanggup dilakukan dengan cara memotong lemon menjadi beberapa bagian,kemudian oleskan pada pecahan tubuh dan wajah secara merata diamkan selama 15 menit kemudian bilas memakai air hangat maka wajah akan terlihat lebih cerah dan bersih.

4. Dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat

Karena lemon mengandung anti bacterial maka lemon sanggup dimanfaatkan untuk mengatasi basil penyebab jerawat. caranya ambil sari atau perasan dari lemon kemudian campur dengan madu beberapa tetes. kemudian usapkan pada wajah atau pecahan yang berjerawat diamkan kemudian bilas.

5. Dapat digunakan untuk memutihkan gigi

pada sari perasan jeruk lemon mengandung kalsium sehingga sanggup digunakan untuk memutihkan gigi caranya campur air perasan lemon dengan sedikit baking soda kemudian oleskan pada gig yang menguning kemudian diamkan kurang lebih 1 menit kemudian sikat dengan sikat gigi kemudian bilas. Jangan lakukan hal ini terlalu sering alasannya yakni sanggup merusak email gigi akhir kandungan asam pada air perasan lemon.

6. Dapat melembapkan bibir kering

Karena kandungan vitamin c pada lemon maka lemon sanggup digunakan untuk melembapkan bibir yang kering dengan mengangkat sel-sel mati pada bibir. Hal ini sanggup dilakukan dengan mengoleskan potongan jeruk lemon ke bibir perlahan kemudian diamkan sesaat kemudian bilas dengan air.

7. Dapat digunakan untuk sebagai facial foam

Hal ini sanggup dilakukan dengan cara menggosokkan perasan air lemon pada wajah.

8. Dapat melancarkan proses pencernaan

Air lemon hangat sangat efektif untuk mengangkat racun dalam tubuh dan merangsang hati lebih banyak mengeluarkan cairan empedu dengan begitu kotoran yang ada di dalam usus besar segera terdorong keluar.

9. Dapat menyeimbangkan pH dalam tubuh

Lemon bergotong-royong mempunyai sifat basa tapi jikalau pada tubuh insan cenderung mempunyai sifat asam, sehingga mengkonsumsi perasan lemon hangat sanggup menciptakan pH asam di dalam tubuh berkurang.

10. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Hal ini sanggup dilakukan dengan cara mencampurkan air perasan Lemon dengan madu dan air hangat. perpaduan dari materi ini bisa menyerap lebih banyak zat besi untuk berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan air perasan lemon hangat juga mengandung saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba.


Demikian artikel pembahasan tentang”Lemon – Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi  dan Manfaat Lemon“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Lemon – Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi dan Manfaat Lemon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel