Berkebun Stevia Di Pot

 Penderita kencing cantik itu menanam sekitar  Berkebun Stevia Di PotSujito di Dramaga, Bogor, Jawa Barat berkebun stevia Stevia rebaudiana di pot semenjak medio 2015. Penderita kencing cantik itu menanam sekitar 25 pot stevia di lahan 100 m2. Pria 45 tahun itu memang sengaja berkebun tanaman yang merupakan pelengkap alami nonkalori tersebut untuk dikonsumsi sendiri.


Cara konsumsi stevia yang dilakukan Sujito sederhana. Sujito sebelumnya mengeringkan daunnya selama 2-3 hari supaya kekal disimpan. Beberapa daun kering itu lantas ditaruh dalam gelas dan diseduh menggunakan air panas. Air seduhan berwarna kekuningan dan beraroma harum. “Rasanya menyerupai teh dan cukup manis,” ujar karyawan swasta periklanan tersebut.


Tanaman yang diperkenalkan oleh Dr Moises Bertoni pada 1901 itu cukup gampang dirawat. Sujito menuturkan media tanam yang digunakan bersifat porous sehingga sirkulasi udara dan air lancar. Ia menggunakan komposisi media menyerupai tanah, kompos, pupuk sangkar ayam, dan sekam mentah dengan perbandingan 1:2:1:0,5. “Sesekali tanaman diberi pupuk NPK supaya subur daunnya,” kata Sujito.


Sebab tanaman akan tumbuh memanjang ke atas, Sujito juga mempersiapkan ajir bambu. “Ajir bambu cukup ditancapkan di pot apabila batang tanaman terlihat mulai rebah. Cukup diikat menggunakan rafia,” kata penderita diabetes tipe 2 karena contoh hidup itu. Perawatan lain, Sujito hanya rajin menyiram sehari sekali saban sore.


Belum ada Komentar untuk "Berkebun Stevia Di Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel