Panduan Teknis Budidaya Melon Yang Baik Dan Benar

Cara Budidaya Melon Yang Baik Dan Benar


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas ihwal cara budidaya Melon. Nah, untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.


Melon atau dalam bahasa latin Cucumis melo yaitu sejenis tumbuhan buah yang termasuk dalam suku Cucurbitaceae atau suku labu-labuan. Melon merupakan tumbuhan semusim, melon mempunyai bentuk daun menjari. Tumbuhan melon tumbuh merambat, Buah melon mempunyai tipe pepo dengan kepingan yang dimakan yaitu daging buah atau mesokarp tebal, berair,memiliki tekstur lunak, rasanya anggun dan kadang beraroma harum, serta daging buahnya mempunyai warna putih sampai merah.


Kali ini kita akan membahas ihwal cara budidaya Melon Panduan Teknis Budidaya Melon Yang Baik Dan Benar


Klasifikasi ilmiah Melon

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Cucurbitales

Famili: Cucurbitaceae

Genus: Cucumis

Spesies: C. melo


Karena rasanya yang anggun segar, biasanya melon dipakai untuk adonan es buah maupun hanya sekedar untuk buah meja. Berikut ini yaitu cara budidaya melon:


Kali ini kita akan membahas ihwal cara budidaya Melon Panduan Teknis Budidaya Melon Yang Baik Dan Benar



  • Syarat Tumbuh



  1. Ketinggian kawasan yang baik untuk penanaman melon yaitu sekitar 300 sampai 1000 meter diatas permukaan laut.

  2. Curah hujan yang ideal untuk menanam melon yaitu sekitar 2000 sampai 3000 mm/tahun.

  3. pH tanah yang baik yaitu sekitar 6,0 sampai 6,8 dengan kelembaban udara berkisar 70% sampai 80%.

  4. Penyinaran sinar matahari yang baik untuk tumbuhan melon sekitar 10 sampai 12 jam /hari.



  • Pembibitan

    Kali ini kita akan membahas ihwal cara budidaya Melon Panduan Teknis Budidaya Melon Yang Baik Dan Benar  Kali ini kita akan membahas ihwal cara budidaya Melon Panduan Teknis Budidaya Melon Yang Baik Dan Benar



Sebelum ditanam pada lahan tanam maka Benih direndam dahulu selama 3 jam supaya menjadi kecambah, Setelah itu pindahkan benih pada polybag yang sudah diisi dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk sangkar kemudian tutup dengan sekam, sirami benih secara rutin sekali sehari yaitu pada pagi hari, tunggu benih sudah mempunyai 3 sampai 5 helai daun pada usia 12 hari watu sanggup di pindahkan pada lahan tanam.



  • Lahan Tanam


Lahan yang akan dibentuk untuk lahan tanam digemburkan dan dibersihkan dari gulma, tanah tersebut kemudian di beri pupuk dasar berupa pupuk anorganik maupun organik. Lalu buat bedengan dengan panjang menyesuaikan panjang lahan dam lebar bedengan sekitar 100 sampai 110 cm. Setelah bedengan jadi, buatlah lubang dengan kedalaman sekitar 7 sampai 9 cm dengan jarak antar lubang sekitar 70 cm X 50 cm atau juga 70cm X 60 cm dan jangan lupa pasang ajirnya.



  • Penanaman dan Perawatan



  1. Penanaman

    Benih bibit yang telah berusia 12 hari atau yang sudah mempunyai 3 sampai 5 helai daun sanggup di pindahkan pada lahan tanam yang telah disiapkan.Penanaman yang baik yaitu pada awal animo kemarau.

  2. Perawatan atau pemeliharaan

    Bila di perlukan lakukan penyiangan, penyulaman dan pengairan pada tanaman. Pemupukan dilakukan pada tumbuhan yang telah berusia 5 HST, pemupukan memakai pupuk urea dalam bentuk larutan dengan kosentrasi 3 kilogram/ 300 liter air. Pada 7 HST berikan pupuk daun sekali dalam interval waktu 7 sampai 15 hari. pada 17 HST beri pupuk ZA dan NPK dan pada 50 HST berikan 2 kg ZA dan 1 kg NPK dengan konsentrasi 3 kg sampai 4 kg/200 l air. Selain itu juga lakukan pemangkasan tunas yaitu pada tunas gres serta seleksi buah dengan menyisakan 2 sampai 3 buah saja.



  • Hama Dan Penyakit


Hama yang sering menyerang tumbuhan buah melon yaitu lalat buah, kutu, tungau ,ngengat, cacing tanah, thrips serta oteng-oteng dan penyakit yang sering menyerang tumbuhan buah melon yaitu Gummy stemBlight, embun tepung, Phytoptora molonis, truffle, layu fusarium, virus dan kedaluwarsa daun. Semua itu sanggup diatasi dengan penanganan yang sempurna baik memakai fungisida, pestisida, insektisida, akarisida, dan lainnya memakai takaran yang tepat.



  • Pemanenan

    Kali ini kita akan membahas ihwal cara budidaya Melon Panduan Teknis Budidaya Melon Yang Baik Dan Benar


Melon sudah sanggup dipanen pada usia 65 sampai 70 hari sesudah tanam. Waktu pemanenan yang baik yaitu pada pagi hari, pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai buah memakai gunting atau pisau. Melon yang sudah siap panen biasanya mempunyai ciri-ciri: Buahnya mempunyai warna kulit hijau kekuningan dengan serat jala berangasan dan terlihat konkret serta ukurannya sudah cukup besar untuk dipanen.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Teknis Budidaya Melon Yang Baik Dan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Teknis Budidaya Melon Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel