Cara Mudah Menanam Dan Budidaya Bunga Rosella

Cara Menanam Dan Budidaya Bunga Rosella Yang Baik Dan Benar


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas ihwal cara menanam atau budidaya Bunga Rosella atau Rosela. Nah, berikut ialah penjelasanya secara lengkap.


Bunga Rosela atau Rosella sering juga dikenal dengan Bunga Asam Paya, Asam Kumbang dan Asam Susur serta mempunyai nama latin Hisbicus sabdariffa merupakan spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Di Indonesia tumbuhan ini pada mulanya dijadikan sebagai tumbuhan bunga untuk dijadikan sebagai penghias halaman rumah, namun seiring dengan banyaknya info yang didapatkan selanjutnya bunga rosella juga dipakai sebagai minuman hangat di isu terkini hirau taacuh dan dan minuman hirau taacuh dimusim panas. Sedangkan di negeri asalnya, Afrika, rosella dijadikan sebagai selai atau jeli. Selai itu didapat dari serat yang terkandung dalam kelopak rosella, sementara di Jamaika tumbuhan rosella dibentuk sebagai salad buah yang dimakan mentah.


Cara Menanam Dan Budidaya Bunga Rosella Yang Baik Dan Benar Cara Praktis Menanam Dan Budidaya Bunga Rosella


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Rosidae

Ordo: Malvales

Famili: Malvaceae

Genus: Hibiscus

Spesies: H. sabdariffa


Rosella ialah tumbuhan semusim dengan 1 kali masa produktifnya, tumbuhan bunga ini sanggup tumbuh subur pada cuaca, suhu ataupum kondisi lahan apapun sehingga gampang untuk dibudidayakan. Berikut adalah Cara Menanam dan Membudidayakan Tanaman Bunga Rosella:


Cara Menanam Dan Budidaya Bunga Rosella Yang Baik Dan Benar Cara Praktis Menanam Dan Budidaya Bunga Rosella

Syarat tumbuh

1.Rosella akan tumbuh pada tempat dengan ketinggian sekitar 10 sampai 600 m diatas permukaan laut

2.Suhu yang baik untuk menanam rossela berkisar antara 20°C sampai 34°C



  • Lahan Tanam

    Lahan Tanam untuk menanam rosella pertama kali harus dibersihkan dari tumbuhan pengganggu atau gulma, kemudian penggemburan tanah, sehabis itu buatlah bedengan untuk menanamnya, berikan pupuk. jikalau tingkat keasaman tanah tak seimbang maka lakukanlah pengapuran.

  • Pembibitan

    Bibit diperoleh dengan cara mengambil dari benih tumbuhan induk yang sudah tua. Selain itu sanggup juga sanggup diperoleh dengan membeli bibit pada biro benih.

    Sebelum ditanam pada lahan tanam sebaiknya, benih rosella direndam sampai berkecambah. Selain direndam dahulu pembibitan juga sanggup dilakukan dengan cara persemaian langsung.

  • Penanaman Dan Pemupukan

    Penanaman dilakukan sehabis lahan dan bibit telah siap, Lahan yang telah di buat lubang maka selanjutnya akan diisi dengan benih dengan jumlah 2 sampai 3 biji (jika tanpa perkecambahan dahulu), untuk yang sudah melalui perkecambahan dalam setiap lubang diisi dengan 1 sampai 2 benih bibit.

    Pemupukan harus dilakukan sehabis penanaman supaya tumbuhan rosella yang dihasilkan sanggup menghasilkan bunga dan buah berkualitas.

  • Perawatan Tanaman

    Pemupukan dan mengatasi hama penyakit pada tumbuhan rosella perlu dilakukan supaya tumbuhan sanggup tumbuh subur dan menghasilkan tumbuhan yang berkualitas

    Pemupukan dilakukan pada dikala tumbuhan telah mencapai sekitar umur 3 sampai 8 ahad dan pada umur 1 sampai 2 bulan. Pemupukan dilakukan dengan memakai urea dan NPK dengan takaran 4:3.

    Hama dan penyakit yang sering menyerang tumbuhan rosella yaitu kutu daun dan Phytopthora. Hama tersebut perlu diberantas, memakai pestisida organik dan selalu menjaga kebersihan lahan sebagai cara penanggulangannya.


Demikian artikel pembahsan tentang”Cara Menanam Dan Budidaya Bunga Rosella“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam Dan Budidaya Bunga Rosella"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel