Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap

Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap


Hai Sahabat…….


Katak dan Kodok yaitu jenis binatang amfibi yang masuk dalam ordo Anura, katak dan kodok sanggup ditemukan di seluruh kawasan tropis menyerupai pada hutan, tepi sungai, perkebunan, persawahan, rawa, padang pasir dan masih banyak lagi.


Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Amphibia

(tidak termasuk): Salientia

Ordo: Anura


Meski mempunyai bentuk yang sama taukah kalian sebenarnya katak dan kodok mempunyai perbedaan yang mencolok,memang banyak yang mengira sebenarnya katak dan kodok itu sama tapi berikut yaitu perbedaannya:



  • Katak Memiliki warna yang bermacam-macam menyerupai hijau,biru dan lainnya. Sedangkan Kodok mempunyai warna yang kusam.

  • Katak lebih suka hidup di kawasan yang erat air. Sedangkan Kodok lebih suka tempat yang lebih kering dan akan tiba ke air hanya untuk bertelur saja.

  • Katak mempunyai badan yang ramping dengan pinggang kecil, kulitnya halus,licin dan berlendir. Sedangkan Kodok mempunyai badan yang gemuk dan pendek dengan kulit bergairah dan kering.

    Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap   Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap

  • Katak mempunyai kaki belakang yang panjang, berselaput serta berpengaruh dan dipakai untuk memanjat, berenang dan melompat. Sedangkan Kodok mempunyai kaki belakang pendek dan biasaya dipakai untuk berjalan dan tidak sanggup melompat jauh serta tinggi.

    Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap

  • Katak mempunyai gigi yang dipakai untuk mencengkeram mangsanya. Sedangkan Kodok tidak mempunyai gigi.

  • Katak tidak mempunyai kelenjar racun tetapi adajuga katak yang berwarna cerah mempunyai kelenjar racun yang dipakai untuk pertahanan kimia dari predator. Sedangkan KOdok mempunyai kelenjar racun yang letaknya berada pada bab belakang mata.

  • Katak jikalau bertelur telurnya bergerombol, betinanya akan membawanya dipunggung sampai menetas dan saat sudah menjadi kecebong maka indukan akan meninggalkannya. Sedangkan Kodok jikalau bertelur telurnya memanjang menyerupai rantai, diletakan tumbuhan air dan induk terkadang membawa telur di punggung dan saat sudah menjadi kecebong atau berudu tetap akan dijaga.

    Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap

  • Katak ada yang diurnal dan ada yang nocturnal sedangkan Kodok hampir semuanya nocturnal.

  • Katak sanggup ditemukan dimana saja kecuali antartika Sedangkan Kodok juga sanggup ditemukan di seluruh dunia kecuali madagascar,polynesia,australia dan kawasan tundra.


Demikian artikel pembahasan tentang”Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap“, supaya bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel