101 Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Agar Sukses

Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Agar Sukses


Pada artikel kali ini akan membahas wacana cara budidaya ikan lele di kolam terpal. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Ikan lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang mempunyai ciri berkumis panjang yang berada di sekitar bab mulutnya, bentuknya agak pipih memanjang serta mempunyai badan yang licin.


Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Agar Sukses 101 Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Agar Sukses


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Siluriformes

Famili: Clariidae

Genus: Clarias


Ikan lele sanggup mengandung gizi yang cukup tinggi, Pada sumber daya air yang terbatas dengan jumlah benih ikan yang tinggi budidaya tetap sanggup dilakukan dan apabila ingin pemasaran pun dirasa peminat ikan lele cukup tinggi. Oleh lantaran itu, banyak orang mencoba peruntungan untuk membudidayakan ikan lele ini. Berikut ialah Cara Budidaya Ikan Lele :


Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Agar Sukses 101 Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Agar Sukses


Kali ini kita akan membahas budidaya ikan lele memakai kolam terpal. Kolam terpal dirasa cukup baik untuk melaksanakan budidaya ikan lele lantaran memakai kolam terpal sanggup lebih efisien dan produktif. Selain itu laba dalam memakai kolam terpal dalam budidaya lele antara lain ikan akan terlihat lebih cerah, serta terhindar dari binatang pemangsa ibarat binatang peliharaan atau ular sawah.



  • Pembuatan Kolam Terpal


Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Agar Sukses 101 Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Agar Sukses


Terpal yang akan dipakai untuk kolam dicuci terlebih dahulu dengan sabun supaya anyir lem dan materi kimia lainnya sanggup hilang. Lalu bilas dan keringkan. Buat konstruksi kolamnya (jangan terlalu dangkal lantaran jikalau terjadi penguapan dan menciptakan kondisi kolam panas dan ikan akan kelelahan bahkan sanggup mati), sehabis kolam jadi kolam diisi dengan ketinggian air sekitar 20 cm kemudian diamkan air selama seminggu dalam kolam supaya terbentuk lumut dan supaya muncul fitoplankton yang akan jadi makanan alami lele nantinya.



  • Pemilihan bibit


Benih lele yang baik ialah benih yang gesit, agresif, berwarna cerah, ukurannya sama rata, serta aktif melaksanakan oksigenasi.



  • Penebaran benih


Setelah kolam dan benih siap, selanjutnya lakukan penebaran benih pada kolam untuk ukuran kolam 2x1x1 mdibutuhkan sekitar 1000 ekor benih ikan lele. jikalau ukuran kolam lebih besar maka benih yang disiapkan diakumulasikan dengan perbandingan ibarat diatas. Karena pada habitat gres biasanya ikan belum sanggup menyesuaikan diri, oleh lantaran itu jangan eksklusif masukan ikan dalam kolam sebaiknya masukan terlebih dahulu ikan pada kolam atau bejana yang sudah diisi air dari kolam selam sekitar 30 menit supaya sanggup menyesuaikan, sehabis itu gres masukan ikan pada kolam budidaya. Penebaran bibit ikan lele baik dilakukan pada pagi hari atau malam hari dimana kondisi air relatif stabil, Jangan lupa berikan peneduh untuk ikan dalam kolam berupa tumbuhan air ibarat kangkung, talas atau enceng gondok. Pada umur 20 hari, lakukan penyortiran terhadap ikan lele. Hal ini dilakukan lantaran ikan yang berukuran lebih kecil akan lebih sulit mendapat makanan dibandingkan dengan yang berukuran lebih besar. Setelah ilakukan penyortiran, pisahkan ikan hasil sortiran pada kolam yang berbeda.



  • Perawatan


Pada Bulan pertama air diisi 20 cm, tapi lantaran proses penguapan biasanya volume air akan berkurang maka tambahkan air lagi sampai volume semula. Pada bulan ke 2 dan ke 3 volume air ditambah menjadi 40 cm dan 80 cm. Kolam tidak perlu pencucian jikalau air dalam kolam berwarna hijau biarkan saja lantaran itu ialah kualitas air yang disukai oleh ikan lele bahkan bila berwarna merah tidak perlu lakukan penggantian air dalam kolam terpal lantaran jikalau air berwarna merah berarti ikan sudah siap untuk dipanen.


Pemberian pakan dilakukan minimal sebanyak 3 kali yaitu pagi hari, sore hari dan malam hari. Pakan yang baik ialah pakan yang mempunyai kandungan protein sekitar 35%, lemak 10%-16%, karbohidrat 15%-25%, vitamin dan mineral.



  • Pemanenan Ikan


Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Agar Sukses 101 Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Agar Sukses


Ikan lele sanggup dipanen sehabis berumur sekitar 3 bulan atau 90 hari. Pada dikala pemanenan juga lakukan penyortiran guna untuk memisahkan mana ikan yang akan dijual untuk konsumsi dan mana yang untuk dijual sebagai bibit ikan kembali.


Demikian artikel pembahasan tentang”101 Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Agar Sukses “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "101 Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel