15 Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Penjelasan, Klasifikasi Ilmiah Jeruk Purut,  Khasiat Dan Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas perihal Jeruk Purut Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Jeruk Purut atau Citrus × hystrix ialah salah satu jenis jeruk yang berasal dari sub genus Papeda. Tanaman jeruk prut ini mempunyai pohon yang perdu dengan ranting berduri, daunnya mempunyai bentuk khas yaitu menyerupai dua helai daun yang tersusun vertikal alasannya pelekukan tepi yang ekstrem , tebal dan berpermukaan licin agak berlapis malam.Buah jeruk purut biasanya berdiameter < 2cm, bentuknya lingkaran dengan permukaan kulit buah agresif alasannya terdapat tonjolan-tonjolan, kulit buahnya tebal.

Jeruk purut mempunyai banyak sebutan diantaranya kaffir lime (untuk perdagangan internasional), truc (vietnam), ma kruut (thailand) dan masih banyak lagi.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Upakelas: Rosidae

Ordo: Sapindales

Famili: Rustaceae

Genus: Citrus

Spesies: C. × hystrix


Selain dipakai untuk materi pemanis masakan, penghilang amis, dan materi pemanis wewangian, jeruk purut juga memiliki manfaat lain alasannya kandungan vitamin c yang tinggi dan beberapa senyawa yang lainnya, diantaranya :


a. Dapat merawat wajah

Jeruk purut sanggup dipakai untuk merawat wajah kusam, berminyak dan mempunyai noda bekas jerawat. Untuk mengatasi itu, caranya adalah, ambil jeruk purut , kemudian basuh sampai higienis kemudian potong, sesudah itu tempelkan pada cuilan wajah yang akan di bersihkan. Dengan hal menyerupai itu, selain mengatasi noda bekas jerawat, problem kulit kusam dan berminyak, sanggup juga sebagai penunda penuaan dini.


b. Dapat meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh

Karena kandungan vitamin c yang tinggi, jeruk purut sanggup meningkatkan daya tahan tubuh semoga tidak gampang terjangkit penyakit menyerupai flu. Cara mengkonsumsinya air sari jeruk purut .


c. Dapat membantu mengobati Influeza

Jeruk purut sanggup membantu mengatasi atau mengobati influenza yaitu suatu penyakit yang menyerang sistem pernapasan dengan tanda-tanda tubuh terasa lemas dan menggigil serta tidak bersemangat. Cara mengatasinya dengan jeruk nipis ialah jeruk purut di peras diambil sarinya kemudian sari jeruk purut tersebut dicampur dengan air panas ataupun air hangat, aduk kemudian tambahkan madu, sesudah itu aduk kembali dan minum sampai habis. Kombinasi jeruk purut dan madu sanagt efekif untuk menghilangkan virus penyebab influenza dan juga sanggup mempertahankan sistem imun.


d. Dapat mengatasi atau mengobati Batuk

Untuk mengobati batuk biasanya jeruk purut di ambil sarinya kemudian dicampur madu dan air hangat. Setelah itu, di minum. Agar cepat sembuh dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan tersebut sebanyak 2 atau 3 kali sehari secara rutin.


e. Dapat Menjaga dan Merawat Kesehatan Rambut

Jeruk purut ternyata bisa merawat rambut dan juga menghilangkan ketombe. Caranya, jeruk purut diambil sarinya kemudian balurkan pada akar rambut sehingga rambut mendapat nutrisi semoga tetap sehat selain itu ini juga sanggup menciptakan rambut tidak gampang rontok.


f. Dapat mengatasi kulit kering

Untuk mengatasi kulit kering, bisa dilakukan dengan cara mengoleskan jeruk purut iris pada cuilan kulit yang kering setiap sebelum tidur malam secara rutin semoga jadinya maksimal.


g. Dan Lain-Lain



Demikian artikel pembahasan tentang”15 Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan Dan Kecantikan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "15 Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel