99 Manfaat Dan Khasiat Kemangi Untuk Kesehatan

Kandungan Serta Manfaat Dan Khasiat Kemangi Untuk Kesehatan


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahasa perihal Kemangi mulai dari Kandungan sampai Khasiat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan lengkap berikut ini mengenai hal tersebut.


Kemangi  (Ocimum basilicum) adalah tumbuhan perdu yang mempunyai ketinggian mencapai 100 cm, berbatang tegak dan bercabang banyak, kemangi juga mempunyai aroma daun yang khas. Kemangi biasanya dipakai untuk lalapan atau juga sebagai adonan kuliner ibarat pindang, pepes dan banyak sekali macam kuliner lainnya.


Kandungan Gizi Kemangi

Vitamin A 750 RE

Vitamin B 0,08 mg

Vitamin C 50 mg

Energi 46 kkl

Karbohidrat 8,9 g

Kalsium 45 mg

Protein 4,0 g

Lemak 0,5 g

Fosfor 75 mg

Zat Besi 2 mg

Air 85 g



Selain kandungan yang telah disebutkan diatas, ternyata kemangi juga mengandung beberapa senyawa yang sangata baik untuk tubuh , senyawa tersebut antara lain seperti sitrat, sineol, minyak atsiri, zat arigin, anetol, flavonoid, boron, eugenol, betakarotin, triptofan, dan lainnya.


Karena begitu banyak kandungan yang terdapat pada kemangi kemangi bisa dalam menjaga kesehatan dan membantu dalam proses penyembuhan penyakit yang ada dalam tubuh. Berikut ialah manfaat atau khasiat dai kemangi :


Manfaat Kemangi


  • Dapat merilekskan jantung dan pembuluh darah serta melancarkan peredaran darah

    Kandungan Magnesium pada kemangi mempunyai kemampuan untuk merilekskan jantung dan pembuluh darah serta melancarkan peredaran darah.

  • Dapat membantu mengobati demam, flu dan masuk angin.

  • Kaya akan Betakaroten dan Vitamin C

    Kandungan betakaroten atau provitamin A dan vitamin c yang cukup tinggi pada kemangi, menciptakan kemangi bisa menjaga kesehatan mata, sanggup membantu sintesis protein, sanggup sebagai antioksidan serta sanggup meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.

  • Kandungan Vitamin C yang tinggi

    kandungan vitamin C yang tinggi pada kemangi menciptakan kemangi bisa bertindak sebagai anti oksidan selain itu sanggup membantu proses peresapan kalsium dan zat besi, sanggup membantu pembentukan kolagen dan memelihara elastisitas kulit serta sanggup mencegah pembentukan nitrosamin yang sanggup menjadikan kanker.

  • Dapat memperlancar ASI pada ibu hamil.

  • Dapat Mencegah Keputihan pada wanita

    Kandungan Eugenol pada kemangi bisa membunuh jamur penyebab keputihan pada perempuan serta mencegahnya.

  • Dapat mengatasi anyir tubuh dan anyir mulut

    Ternyata kemangi sanggup mengatasi dilema anyir tubuh dan anyir verbal alasannya ialah ada senyawa dalam kemangi yang sanggup mengatasi dilema tersebut.

  • Dapat menghilangkan rasa mual.

  • Dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang

    Kandungan Anetol dan boron pada kemangi bisa mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.

  • Dapat menunda menopause dan mencegah kemandulan.

  • Dapat Sebagai anti inflamasi dan anti biotik

    Kandungan Flavanoid ibarat myrcene, eugenol dan cineole pada kemangi sanggup berfungsi sebagai anti biotik dan anti inflamasi.

  • Dapat mengobati sariawan

  • Dapat mencegah pertumbuhan mikroba penyebab penyakit dan sanggup menangkal nanah virus

    Kandungan minyak atsiri pada kemangi ternyata sanggup mencegah pertumbuhan mikroba penyebab penyakit ibarat E. coli, dan menangkal nanah dari virus ibarat Proteus vulgaris.

  • Dan Lain-lain



Demikian artikel pembahasan tentang”99 Manfaat Dan Khasiat Kemangi Untuk Kesehatan“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "99 Manfaat Dan Khasiat Kemangi Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel