5 Hewan Dengan Indera Penciuman Tertajam Dan Terbaik Di Dunia

5 Hewan Dengan Indera Penciuman Tertajam Dan Terbaik Di Dunia


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas wacana Hewan-hewan yang mempunyai indera penciuman tertajam di dunia. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.


Untuk Hewan menemukan mangsa pastilah diharapkan indera penciuman yang baik dan tajam, tidak hanya untuk menemukan mangsa tapi juga untuk mencari hal yang lain termasuk mencium adanya bahaya. Tapi biasanya binatang dengan penciuman yang baik biasanya mempunyai penglihatan yang buruk.

Berikut ialah beberapa Hewan yang mempunyai Indera Penciuman yang Terbaik di Dunia :


a. Beruang

Beruang ialah binatang mammalia yang termasuk dalam binatang karnivora pada familia Ursidae. Beruang mempunyai bulu tebal, mempunyai cakar untuk menangkap, merobek dan menggali, bermoncong panjang serta sanggup bangun dengan dua kaki. Selain itu beruang ialah binatang dengan indera penciuman yang paling baik, alasannya beruang mempunyai hidung yang besar dengan ribuan reseptor bau. Kemampuan indera penciuman beruang sanggup menciptakan beruang bisa melacak keberadaan anaknya, menemukan pasangan, menjaga keunggulan dari beruang pesaing, menemukan makanan bahkan sanggup mencium bangkai binatang yang berada pada jarak 32 km.

Ukuran otak beruang hanya sepertiga otak insan namun area lobus olfaktorius otak beruang 5 x lebih besar dibanding dengan otak insan sehingga beruang mempunyai indera penciuman yang superior.


b. Hiu

Hiu ialah ikan yang masuk dalam kelompok superordo selachimorpha. hiu mempunyai badan ramping,mereka bernafas memakai lima,enam bahkan tujuh liang insang tergantung spesies di bab samping. Selain itu hiu juga mempunyai indera penciuman yang baik alasannya 2/3 bab otak hiu difungsikan sebagai lobus olfaktorius atau untuk penciuman. Hiu sanggup mendeteksi mangsa dari jarak sekitar 2 kilometer, bahkan hiu sanggup mendeteksi setetes darah yang berada dalam 100 liter air.


c. Anjing Pelacak

Menurut penelitian, Anjing pelacak mempunyai sekitar 230 juta reseptor amis pada hidungnya atau dikatakan anjing pelacak mempunyai reseptor amis 40 x lebih banyak di banding dengan manusia. Anjing pelacak sanggup mengidentifikasi amis tertentu dari jarak 200 kilometer lebih.


d. Ular

Reptil satu ini mempunyai indra penciuman yang baik dengan tunjangan lidahnya. Ular mempunyai organ berjulukan vomeronasal atau jacobson dalam mulutnya. Ketika ular menjulurkan pengecap maka partikel udara yang diambil oleh pengecap akan dikirim ke organ jacobson tersebut Lalu mereka akan mengetahui apakah ada mangsa atau predator di sekitarnya.


e. Tikus

Hewan pengerat ini mempunyai indera penciuman yang baik tidak hanya terdapat dalam film yang dimana tikus sanggup mencium amis keju dari jarak jauh, tetapi pada nyatanya, ternyata tikus mempunyai penciuman yang baik bahkan sanggup mencium perubahan suasana dann emosi.

Saat mendapatkan bau, partikel amis akan terikat pada silia yang terdapat pada neuron olfaktorius dan reseptor bau, sehingga sanggup memicu reakdi pada saraf tikus. Selain itu tikus juga mempunyai oragan penciuman yang lain berjulukan vemeronasal pada bab bawah rongga hidung akrab septum. Saat membau maka partikel amis tersebut mencapai vereronasal, organ tersebut sanggup mendeteksi feromon untuk membedakan 2 anggota berbeda dari spesies tikus yang sama. Terdapat sekitar 500 sampai 1000 gen pada tikus yang sanggup mengkode 500 sampai 1000 reseptor penciuman pada tikus yang berarti 1% dari DNA tikus dipakai untuk mendeteksi aroma dan bau.


Demikian artikel pembahasan tentang”5 Hewan Dengan Indera Penciuman Tertajam Dan Terbaik Di Dunia“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "5 Hewan Dengan Indera Penciuman Tertajam Dan Terbaik Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel