Tutorial Lengkap Cara Dan Tips Budidaya Selada Bagi Pemula Agar Sukses

Tutorial Lengkap  1001 Cara Dan Tips Budidaya Selada Bagi Pemula Agar Sukses


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas wacana cara budidaya selada. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Selada (Lactuca sativa) yaitu tumbuhan sayur yang merupakan tumbuhan orisinil lembah bab timur Laut Tengah. Selada biasa di tanam di tempat beriklim sedang maupun tempat beriklim tropika.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Asterales

Famili: Asteraceae

Genus: Lactuca

Spesies: L. sativa


Selada air yaitu selada yang biasa dibentuk lalapan atau salad bagi para vegetarian, Selada air kaya akan nutrisi dan dan kandungan air pada selada air ini sanggup membantu jadwal diet yang sedang dijalani, selain itu selada air sanggup menjadi pencuci darah serta sanggup membantu mengobati gangguan pada ginjal dan hati. Karena kegunaan dan manfaat selada tersebut banyak orang mencoba menciptakan peruntungan dengan membudidayakan selada. Berikut adalah Cara Budidaya Selada:


Syarat Tumbuh

Selada sanggup tumbuh pada tempat dataran rendah maupun dataran tinggi, namun akanlebih tumbuh dengan baik pada tempat dataran tinggi. Tanah yang baik untuk menanam selada yaitu tanah yang mengandung humus, pasir, atau lumpur dengan pH berkisar antara 5 sampai 6,5. Dan suhu yang baik untuk menanam selada yaitu suhu dengan kisaran antara 15°C sampai 20°C.


Budidaya

Jenis selada yang sering dibudidaya yaitu Selada mentega atau selada daun dan Selada krop.


a. Lahan Tanam

Tanah pada lahan tanam digali dengan kedalaman sekitar 20-30 cm. Kemudian diberi pupuk sangkar dengan takaran sekitar 10 ton/ hektar, Kemudian tanah dan pupuk sangkar di aduk dan di ratakan. Kemudian buatlah bedengan dengan lebar sekitar 100-120 cm . Kemudian buatlah alur atau garitan pada bedengan dengan cangkul miring. Setiap bedengan terdapat 4 alur atau garitan dengan jarak antar alur atau garitan sekitar 25 cm. Tapi jikalau benih ditaburkan secara langsung, buatlah lubang tanam dengan jarak 25 cm x 25 cm atau 20 cm x 30 cm.


b. Penanaman

Budidaya selada sanggup dilakuka dengan tebar biji benih secara eksklusif atau juga sanggup dilakukan dengan cara persemaian terlebih dahulu.

Jika dengan cara biji benih ditabur secara langsung, taburlah benih pada garitan yang telah ditentukan.

Jika memakai cara melalu persemaian, biji direndam terlebih dahulu dalam air panas atau larutan Previcur N selama 1 jam. Sebelumnya buat dahulu bedengan untuk persemaian biji benih yang dibentuk dari gabungan tanah dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Setelah satu jam perendaman selanjutnya biji benih ditebar dalam bedengan kemudian tutup memakai daun pisang selama 2 atau 3 hari. Utuk mencegah terjangkit hama, tempat persemaian diberi nauangan. Setelah berumur sekitar 7 sampai 8 hari bibit sanggup dipindahkan pada bubunan yang terbuat dari pot plastik atau daun pisang dengan media yang sama ketika menciptakan bedengan persemaian. Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari. Setelah berumur sekitar 3 sampai 4 ahad atau telah mempunyai 4 sampai 5 daun, barulah bibit sanggup di tanam pada lahan tanam.


c. Perawatan Tanaman

Jika penanaman dilakukan secara eksklusif lakukan penjarangan. Lakukan penyulaman pada tumbuhan yang mati dan ganti dengan yang baru, lakukan penyulaman sampai tumbuhan berumur sekitar 10 sampai 15 hari sehabis tanam. Lakukan pula penyiangan pada gulma.

Pada ketika tumbuhan lada telah berumur sekitar 2 ahad sehabis penanaman, berilah pupuk nitrogen atau pupuk ZA. Jika memakai pupuk nitrogen berilah dengan takaran sekitar 60kg/ha, jikalau memakai ZA berilah dengan takaran sekitar 300 kg/ha. Pupuk diberikan dengan jarak sekitar 5 cm dari tanaman. Pemupukan sanggup dilakukan 2 kali dengan selang atau jarak 2 minggu.


d. Hama Dan Penyakit

Hama dan penyakit yang sering menyerang tumbuhan selada yaitu kutu daun (Myzus persicae) dan penyakit amis akar alasannya yaitu Rhizoctonisap. Semua itu sanggup di atasi dengan memakai pestisida, yang pastinya sesuai dengan jenis dan takaran yang tepat.


e. Pemanenan

Pemanenan selada sanggup dilakukan sehabis selada berumur sekitar 2 bulan. Pemanenan dilakukan dengan cara mencabut batang tumbuhan dengan akarnya atau dengan cara memotong pangkal batangnya. Jika tumbuhan baik dalam satu hektar lahan sanggup menghasilkan sekitar 15 ton selada.


Demikian artikel pembahasan wacana “Cara Dan Tips Budidaya Selada Bagi Pemula Agar Sukses“, agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Tutorial Lengkap Cara Dan Tips Budidaya Selada Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel