Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Merah Dalam Polybag Dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Merah Dalam Polybag Dengan Mudah


Hai sahabat…..Kali ini kita akan membahas perihal cara menanam bawang merah dalam polybag. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum) ialah sejenis tumbuhan yang dimanfaatkan umbinya untuk bumbu masakan. Bawang merah berasal dari Iran, Pakistan dan pegunungan-pegunungan di bab utaranya.

Kandungan Gizi Bawang merah/100 g

Kalori (kcal) 71

Jumlah Lemak 0,1 g

Lemak jenuh 0 g

Lemak tak jenuh ganda 0 g

Lemak tak jenuh tunggal 0 g

Kolesterol 0 mg

Natrium 12 mg

Kalium 334 mg

Jumlah Karbohidrat 17 g

Serat pangan 3,2 g

Gula 8 g

Protein 2,5 g

Vitamin A 4 IU

Vitamin C 8 mg

Kalsium 37 mg

Zat besi 1,2 mg

Vitamin D 0 IU

Vitamin B6 0,3 mg

Vitamin B12 0 µg

Magnesium 21 mg



Karena kandungan tersebut, bawang merah selain dipakai untuk bumbu kuliner sanggup dimanfaatkan pula sebagai obat tradisional alasannya bawang merah mempunyai sifat anti kuman dan anti septik.


Karena tingginya undangan pasar akan bawang merah, banyak orang yang membudidayakannya dalam skala besar maupun Kecil. Anda sanggup membaca selengkapnya di Panduan Lengkap Cara Menanam Atau Budidaya Bawang Merah Agar Hasil Panen Melimpah

Namun bagi anda yang tidak mempunyai lahan yang luas, anda sanggup melaksanakan penanaman yang lebih mudah dan sanggup diletakkan dimana saja, yaitu dengan cara menanam bawang merah tersebut dalam polybag atau pot. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara menanam atau budidaya bawang merah dalam polybag atau pot :


a. Persiapan media tanam

Sebelum melaksanakan penanaman dalam pastinya anda harus menyiapkan media tanam. Media tanam yang dipakai untuk menanam ialah tanah gembur, pupuk sangkar atau pupuk kompos, arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, sanggup juga media tanam itu ditambah dengan 3 gram pupuk SP-36 dan juga 1 sendok kecil furadan. Setelah itu campur semua elemen sampai rata, sehabis rata masukkan media tanam tersebut dalam polybag berukuran 30×40 cm, jangan terlalu penuh. Siram kemudian diamkan selama 2 hari.


b. Penanaman Bawang Merah

Setelah daerah beserta media tanam siap, selanjutnya lakukan penanaman, Pada setiap polybag akan ditanam sekitar 3 bibit umbi bawang merah, tanam umbi dengan jarak 5 cm setiap umbinya. Umbi ditanam sampai bab leher bibit.

Setelah penanaman, perlu dilakukan pemupukan dengan memakai Pupuk NPK dengan takaran yang diberikan sekitar 1 gr/polybag, Lakukan pula penyiraman setiap ahad sampai tumbuhan bawang berumur sekitar 6 minggu. Letakkan polybag pada daerah yang mempunyai intensitas matahari yang baik atau cukup.


c. Pemeliharaan Tanaman Bawang Merah

Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari secara rutin, alasannya bawang tidak sanggup hidup pada kekeringan dan juga tidak sanggup hidup pada daerah tergenang maka lakukan penyiraman secukupnya saja. Jika tumbuhan sudah berumur sekitar 2 bulan sehabis penanaman frekuensi penyiraman dikurangi semoga bawang merah cepat berisi dan tua. Berikan pula pestisida nabati semoga mencegah bawang merah terjangkit hama penyakit.


d. Pemanenan Bawang Merah

Jika bawang merah dipakai untuk konsumsi, pemanenan sanggup dilakukan pada ketika tanama berumur sekitar 3 bulan atau lebih kurang 90 hari. Jika untuk dijadikan bibit kembali bawang merah sanggup dipanen pada umur sekitar 100 hari sehabis tanam. Ciri bawang merah yang siap dipanen ialah bawang yang telah mempunyai daun yang telah menguning sekitar 80%, leher batang telah kosong atau gembos serta umbi telah muncul ke permukaan dan berwarna merah. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada siang hari alasannya pada waktu itu tanah kering dan bawang tidak akan gampang busuk. Setelah dilakukan pemanenan, bawang merah pribadi di jemur semoga tidak gampang anyir nantinya kalau di simpan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Merah Dalam Polybag Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Merah Dalam Polybag Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel