Cara Mudah Budidaya Buah Tin Agar Cepat Berbuah

Cara Praktis Budidaya Menanam dan Merawat Buah Tin Di Rumah Agar Cepat Berbuah


Tin atau Ara ialah salah satu jenis tumbuhan penghasil buah yang sanggup dimakan. Tumbuhan dengan nama ilmiah Ficus carica ini berasal dari Asia Barat. Buah yang di hasilkan tumbuhan ini sama dengan nama tumbuhannya yaitu Tin,” kata Tin berasal dari bahasa Arab yang dikenal juga dengan Ara (buah ara atau pohon ara). Tumbuhan ini sebetulnya masih berkerabat dengan pohon beringin dari genus yang sama yaitu Ficus.


Pohon buah tin sanggup tumbuh sampai ketinggian sekitar 10 cm dengan batang lunak berwarna abu, daun agak besar berlekuk kedalam dengan 3-5 cuping. Yang disebut dengan buah sebetulnya ialah dasar bunga yang membentuk bulatan, ukuran panjang buahnya sekitar 3-5 cm. Buah tersebut mempunyai warna hijau dikala muda dan berwarna ungu apabila telah masak. Pohon buah tin mengandung getah yang sanggup mengeobati iritasi.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Rosales

Famili: Moraceae

Genus: Ficus

Subgenus: Ficus

Spesies: F. carica


Buah tin dikenal sebagai buah suci dari taman surgawi, julukan nama tersebut diberikan sebab buah tersebut disebutkan dalam al-qur’an yaitu dalam surat at-tin.


Cara Budidaya Buah Tin


a. Pemilihan Bibit Buah Tin

Bibit buah tin yang akan dibudidayakan harus berkualitas. Bibit yang berkualitas ditandai dengan besarnya batang bibit. Bibit yang baik setidaknya mempunyai batang 2 x batang pensil, meiliki tunas yang segar dan berdaun banyak. Apabila pembibitan dilakukan dengan memakai biji, pilihlah buah yang telah benar-benar tua.


b. Persiapan Benih Buah Tin

Setelah menentukan buah tin yang akan di bibit, buah tin yang telah mengering dan bau tanah selanjutnya di belah untuk diambil bijinya. Biji tersebut kemudian dijemur sampai kering.


Setelah biji benih siap selanjutnya biji benih tersebut di semaikan dalam polybag semai ataupun nampan semai. Dalam polybag atau nampan semai tersebut beri media semai berupa adonan tanah, sekam ataupun pupuk sangkar dan pasir dengan perbandingan 2:2:1 dan diamkan media semai tersebut selama 2 hari sebelum benih disemai.Sebelum benih disemai, benih direndam dahulu dan buang benih yang mengambang. Semai secara merata pada media semai, kemudian tutup tipis dengan menggunan tanah.Lakukan penyiraman setiap hari secara rutin yaitu pada pagi dan sore gari memakai spray. Setelah sekitar berumur 3-5 ahad beniuh sudah mulai tumbuh tunas dan apabila tunas telah tumbuh dengan ketinggian sekitar 15 cm, bibit-bibit tersebut sanggup dipindah tanamkan pada polybag sebelum ditanam pada lahan tanam sebenarnya.


c. Persiapan Lahan Tanam

Siapkan pot berukuran besar ataupun drum bekas yang dipotong menjadi 2 pecahan ataupun lahan dipekarangan rumah yang terkena cahaya matahari secara langsung. Pada lahan tanam dibentuk lubang tanam berukuran 50X50x50 cm. Apabila memakai pot atau drum maka isi dengan memakai adonan tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1 : 1 atau sanggup juga ditambahkan dengan pasir sedikit saja. Pot tanam tersebut kemudian didiamkan selama selama 2 hari sebelum dilakukan penanaman.


d. Penanaman Buah Tin

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Lepaskan polybag semai dengan hati-hati semoga media semai tidak rusak, kemudian masukkan bibit dalam lubang tanam yang telah dibentuk dan tutup kembali. Kemudian lakukan penyiraman secukupnya saja.


e. Perawatan Tanaman Buah Tin

Perawatan tumbuhan buah tin tidak begitu sulit. Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari. Lakukan juga penyiangan terhadap gulma yang tumbuh disekitar tumbuhan buah tin. Pemupukan dilakukan sesudah buah tin berumur sekitar 4 bulan.


f. Pemanenan Buah Tin

Buah tin tidak mengenal musim, sehingga buah tin sanggup dipanen kapan saja, biasanya buah tin akan mulai berbuah sesudah berumur 4 bulan sesudah tanam.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Praktis Budidaya Buah Tin Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Budidaya Buah Tin Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel