5 Panduan Lengkap Cara Menanam Cabe Merah Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Menanam Cabe Merah Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah Di Rumah


Cabe Merah (Capsicum annuum) ialah salah satu jenis sayuran yang berasal dari suku Solanaceae dan genus Capsicum. Tanaman cabai merah berasal dari benua amerika yang beriklim subtropis dan tropis. Biasanya cabai merah dipakai sebagai bumbu penguat rasa pedas pada kuliner menyerupai rendang atau yang lainnya.


Cabe merah merupakan salah satu jenis komoditi pertanian yang sering mengalami fluktuasi harga, pada saat-saat tertentu harganya sanggup melonjak tinggi, kadang sanggup menurun drastis bahkan tidak berharga. Selain wacana fluktuasi harga, budidaya cabai merah cukup rentan terhadap hama dan cuaca. Untuk menghindari pengeluaran yang berlebih sekarang banyakj ibu rumah tangga yang mencoba menanam cabai merah ini dirumah dengan menanamnya dalam polybag, pot atau daerah tanam lainnya yang lebih praktis. Berikut ialah cara menanam cabai merah dalaqm polybag atau pot:



a. Persiapan Bibit Cabe Merah

Benih yang dipilih ialah benih yang baik dan berkualitas. Setelah benih diperoleh selanjutnya lakukan penyemaian benih.



  • Siapkan dahulu media semai berupa bedengan sesuai kebutuhan. Setelah bedengan jadi campurkan tanah bedengan dengan pupuk sangkar atau kompos secara merata dengan ketebalan sekitar 5-10 cm.

  • Jika sudah siap, selanjutnya semaikan benih pada bedengan dengan jarak sekitar 10 cm kemudian siram secukupnya, penyiraman tersebut harus hati-hati semoga benih tidak terbawa air.

  • Untuk menjaga kelembapan tanah, media semai ditutup dengan memakai karung goni yang telah dibasahi.

  • 4 hari kemudian, buka karung goni kemudian ganti dengan plastik transparan untuk menghindari hujan dan terik matahari secara langsung.

  • Setelah bibit berumur sekitar 3-4 ahad atau telah mempunyai sekitar 4 helai daun, bibit sanggup dipindah tanamkan dalam pot atau polybag tanam.


b. Persiapan Polybag/Pot Tanam Beserta Media Tanam

Siapkan polybag yang berukuran sekitar 30 cm, selain memakai polybag anda juga sanggup memakai pot baik itu plastik, keramik, semen atau yang lainnya atau anda juga sanggup memakai kaleng atu botol bekas untuk melaksanakan penanaman cabai merah.


Selain menyiapkan daerah tanam, siapkan pula media tanam. Media tanam tersebut sanggup berupa gabungan tanah, pupuk kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1 ; atau gabungan tanah dengan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1 ; atau juga sanggup gabungan tanah dengan pupuk sangkar dengan perbandingan 2 : 1. Masukkan media tanam dalam pot atau polybag yang telah disiapkan, jangan terlalu penuh.


c. Penanaman Cabe Merah Dalam Polybag atau Pot Tanam

Setelah semua siap, selanjutnya lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam sempurna di tengah pot/polybag tanam dengan kedalaman sekitar 5-7 cm. Tanam bibit dalam lubang tanam kemudian tutup kembali dengan tanah disekitarnya. Penanam ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari.


d. Perawatan Tanaman



  • Penyiraman

    Penyiraman tumbuhan cabai merah ini dilakukan sebanyak 3 hari sekali. Tapi ketika demam isu kemarau, penyiraman dilakukan setiap hari namun jangan hingga terkena daun dan buahnya semoga tidak busuk.

  • Pemupukan

    Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk organik cair. Pemberian pupuk caitr tersebut disemprotkan ketika daun dan buah mulai tumbuh. Saat tumbuhan sudah mulai berbuah maka lakukan dukungan pupuk sangkar sebanyak 1 kepal.

  • Pemberian Ajir

    Setelah tumbuhan tumbuh dengan ketinggian sekitar 20 cm, beri ajir dari bambu semoga tumbuhan sanggup terus tumbuh dengan tegak.

  • Penyiangan

    Lakukan penyiangan gulma atau tumbuhan lainnya yang tumbuh disekitar tanaman. Bersama dengan itu, buangi daun atau buah yang mati.


e. Pemanenan Cabe Merah

Cabe merah sudah sanggup dipanen sehabis berumur sekitar 75 hingga 85 hari sehabis tanam. Pemanenan dapet dilakukan beberapa kali tergantung pada jenis varietas cabai merah dan juga teknik budidaya. Pemanenan sanggup dilakukan setiap 2 hingga 5 hari sekali dan lakukan pemanenan pada pagi hari.


Demikian artikel pembahasan tentang”5 Panduan Lengkap Cara Menanam Cabe Merah Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "5 Panduan Lengkap Cara Menanam Cabe Merah Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel