10 Macam Penyakit Pada Ternak Kambing atau Domba Beserta Cara Pengendaliannya

10 Macam Penyakit Yang Menyerang Kambing atau Domba Beserta Cara Pengendalian/Pengobatan/Penanganannya – Dalam melaksanakan ternak kambing atau domba, niscaya sering ditemui kambing atau domba tersebut terjangkit penyakit yang sanggup menghambat pertumbuhan dan perkembangan kambing atau domba tersebut. Selain menghambat pertumbuhan dsan perkembangan kambing atau domba tersebut, penyakit yang menyerang sanggup mengakibatkan penurunan produktivitas bahkan sanggup mengakibatkan ternak tersebut mati.


Nah kali ini kita akan membahasa wacana macam-macam penyakit yang menyerang kambing/domba dan cara pengendalian/penanganannya:


1. Antraks


Penyebab

Penyakit ini disebabkan oleh Bacillus anthracis yang sanggup menular melalui kontak langsung.

Gejala

Gejala yang ditimbul antara lain tubuh lemas, gemetar, kusam dan mengeluarkan darah dari telinga, anus, hidung, telinga, dan lain sebagainya

Pengendalian

Penyakit ini sanggup dikendalikan atau ditangani dengan cara melaksanakan sanitasi atau menjaga kebersihan sangkar dan ternaknya serta menunjukkan vaksinasi pada tersenak secara teratur.


2. Perut Kembung


Penyebab

Penyebab ternak terjangkit penyakit ini yaitu kondisi lingkungan yang terlalu dingin, rumput yang diberikan terlalu berair dan juga menejemen sangkar yang kurang baik.

Gejala

Gejala yang ditimbulkan diantaranya perut terlihat membesar atau kembung, ternak sulit berdiri, nafsu makan berkurang dan kesulitan buang air besar.

Pengendalian

Pengendalian atau penanganan pada ternak yang terjangkit penyakit ini sanggup dilakukan dengan cara melaksanakan pengolesan balsem atau minyak angin pada perut pecahan kiri, menciptakan penghangat untuk ternak dan administrasi sangkar yang baik serta menunjukkan obat masuk angin pada ternak.


3. Kudis


Penyebab

Penyebab penyakit scabies atau yang lebih dikenal dengan nama kudis ini yaitu binatang benalu yang timbul tanggapan penumpukan kotoran ternak yang terlalu usang dan ternak jarang dibersihkan.

Gejala

Ternak yang terjangkit penyakit ini mempunyai tanda-tanda menyerupai permukaan kulit mengelupas, kering, bulu gampang rontok dan ternak menjadi kurus.

Pengendalian

Pengendalian atau penanganan penyakit ini sanggup dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sangkar ternak dan ternaknya pula atau dengan cara mengoleskan kapur barus yang dicampur dengan minyak kelapa pada pecahan yang berkudis dan pecahan bekas yang terjangkit pula.


4. Penyakit Cacingan


Penyebab

Penyebab penyakit ini yaitu sistem pencernaan yang tidak normal dan juga benalu internal.

Gejala

Berikut yakni tanda-tanda kalau ternak terjangkit penyakit ini: perut buncit atau kembung, diare, nafsu makan berkurang dan ternak terlihat kusam atau lesu.

Pengendalian

Ternak yang terjangkit penyakit ini sanggup ditangani atau dikendalikan dengan cara menunjukkan pakan dan minum yang baik dan juga berikan obat cacing pada ternak yang terjangkit cacingan.


5. Mata Kemerahan


Penyebab

Penyebab mata kemerahan ini biasanya lantaran ternak menyentuk benda tajam yang sanggup menjadikan mata ternak menjadi kemerahan dan bengkak.

Gejala

Gejala binatang ternak yang terjangkit penyakit ini yaitu menghindari sinar matahari, mata berair dan mata membengkak.

Pengendalian

Penanganan atau pengendalian penyakit ini sanggup dilakukan dengan cara melaksanakan pemeliharaan ternak dengan baik dan menunjukkan salep pada mata ternak.


6. Keracunan


Penyebab

Ternak yang keracunan biasanya lantaran mengkonsumsi rumput atau dedaunnan yang beracun.

Gejala

Ternak tiba-tiba mati, lisan berbusa, mengeluarkan lendir dan kulit mengelupas.

Pengendalian

Pengendalian pada ternak yang terjangkit penyakit ini sanggup dilakukan dengan cara tidak menunjukkan pakan yang mengandung racun dan pada ternak yang telah keracunan diberi minum air kelapa .’


7. Dangkangan atau Orf


Penyebab

Penebab ternak terjangkit penyakit ini yaitu tanggapan dukungan pakan berupa rumput berbulu dan berdebu

Gejala

Ternak yang terjangkit akan mengalami lisan korengan, ada benjolan kecil disekitar lisan dan nafsu makan ternak akan menurun.

Pengendalian

Pengendalian penyakit ini sanggup dilakukan dengan cara menunjukkan pakan yang baik dan lakukan dukungan preparat Iodium dan juga penyuntikan antibiotik.


8. Mastitis


Penyebab

Penyebab penyakit ini yaitu tanggapan terjangkit basil Staphylococcus aureus.

Gejala

Produksi susu menurun, kambing rusak dan susu yang dihasilkan tidak baik.

Pengendalian

Pengendalian penyakit ini sanggup dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sangkar dan ternak, melaksanakan dukungan antibiotik intra mamary sesuai dengan ketentuan dan sanggup juga dengan melaksanakan vaksinasi.


9. Radang Kuku


Penyebab

Penyakit ini terjadi lantaran disebabkan oleh sangkar yang terlalu kotor dan lembab.

Gejala

Ternak yang terjangkit kukunya akan membengkak kemudian mengeluarkan cairan dan kuku akan mengelupas dan terdapat benjolan pada kuku.

Pengendalian

Pengendalian pada ternak yang terseranmg penyakit ini sanggup dilakukan dengan cara memotong kuku ternak yang terjangkit penyakit ini, menunjukkan alkohol pada kuku dan menjaga kebersihan sangkar dan juga binatang ternak.


10. Penyakit Mulut dan Kuku


Penyebab

penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyebar secara pribadi melalui kotoran, susu air kencing dan benda lain yang ada di sekitarnya.

Gejala

Rongga mulut, kuku dan juga pengecap melepuh dan membusuk serta ternak mengeluarkan air liur yang berlebihan.

Pengendalian

Penyakit ini sanggup dikendalikan dengan cara menjaga kebersihan kandan dan ternak, melaksanakan vaksinasi sevara teratur dan memisahkan ternak yang sehat dan yang sakit.


Demikian artikel pembahasan tentang”10 Macam Penyakit Pada Ternak Kambing atau Domba Beserta Cara Pengendaliannya“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "10 Macam Penyakit Pada Ternak Kambing atau Domba Beserta Cara Pengendaliannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel