Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik dan Benar

Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Wijaya Kusuma Agar Cepat Berbunga Yang Baik dan Benar Bunga Wijayakusuma (Epiphyllum anguliger) yaitu tumbuhan bunga yang termasuk jenis tumbuhan kaktus yang berasal dari kelas dicotiledoneae. Tanaman bunga ini berasal dari Amerika tropika (Venezuela dan Caribia) dan sanggup hidup pada kawasan bunga inidapat berbunga alasannya yaitu hal tersebut dipengaruhi oleh keadaan iklim, kesuburan tanah juga cara pemeliharaan bunga tersebut.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Ordo: Caryophyllales

Famili: Cactaceae

Subfamili: Cactoideae

Bangsa: Hylocereeae

Genus: Epiphyllum

Spesies: E. anguliger


Tinggi batang tumbuhan bunga wijaya kusuma sanggup mencapai sekitar 2-3 meter dengan daun berbentuk pipih halus berwarna hijau berukuran sekitar 13-15 cm. Pada tepian daun terdapat lekukan yang biasanta ditumbuhi tunas daun atau bunga. Bunga wijaya kusuma ini berwarna putih dan berdiameter sekitar 10 cm. Kali ini kita akan membahas wacana cara menanam dan merawat bunga wijaya kusuma biar cepar berbunga.


Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma


A. Persiapan Bibit dan Media Tanam Bunga Wijaya Kusuma


Bibit bunga wijaya kusuma sanggup anda peroleh melalui stek batang yaitu dengan memotong batang tumbuhan yang sehat dan segar sepanjang 12 cm – 18 cm. Kemudian batang diangin-anginkan selama 2 sampai 3 hari, kemudian bibit sanggup ditanam. Jika anda tidak ingin ribet anda sanggup membeli bibit bunga wijaya kusuma di toko tumbuhan hias.


Karena bunga Wijaya kusuma menyukai media tanam yang subur, bersih, dan porous. Maka anda sanggup menyiapkan media tanam berupa adonan pasir, pupuk kandang, cacahan pakis halus, dan tanah humus dengan perbandingan 2:3:1:4 atau 1:3:2:4. Setelah itu, media tanam tersebut diaduk sampai tercampur rata. Jika media tanam sudah tercampur rata, masukkan ke dalam pot dengan diberi bantalan berupa pecahan genteng sebagai penahan.


B. Penanaman Bunga Wijaya kusuma

Jika bibit dan media tanam telah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Bibit tersebut ditanam sedalam 5-7 cm apabila bibit berasal dari stek batang. Jika bibit beli maka tanam sesuai dengan media tanam pada bibit.


C.Perawatan Bunga Wijaya Kusuma

a. Penyiraman

Penyiraman bunga wijaya kusuma sanggup dilakukan setiap seminggu sekali alasannya yaitu bunga wijaya kusuma termasuk dalam kekuarga kaktus yang tahan dengan panas dan kekeringan.


b. Penggantian Pot

Lakukan pergantian pot setiap 6 bulan sekali biar pertumbuhan bunga lebih optimal.


c. Pemupukan

Setelah satu bulan tanam, lakukan pemupukan ulang pada bunga wijaya kusuma. Pemupukan tersebut memakai pupuk NPK dengan takaran yang telah dianjurkan.


d.Penyiangan

Lakukan penyiangan secara rutin untuk mencegah tumbuhnya gulma dalam pot tanaman.


Perawatan lain yang sanggup dilakukan antara lain santunan fungsida dan insektisida dengan teratur, serta pemangkasan bagian-bagian tumbuhan yang berpenyakit.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik dan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel