5 Panduan Lengkap Cara Budidaya Sawo Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat

5 Panduan Lengkap Cara Menanam Sawo/Budidaya Sawo Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat Sawo ialah salah satu jenis buah yang sudah sangat terkenal di Asia tenggara, terdapat beberapa jenis sawo ibarat Sawo Mentega, Sawo Manila, Sawo Kecik, dan Sawo Duren. Sawo mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan diantaranya : Dapat dijadikan Obat Diare, Dapat membantu proses pembentukan sel darah merah alasannya ialah kandungan asam folat didalamnya, Dapat mengatasi radang mulut, Dapat membantu pembentukan dan menjaga kesehatan tulang, Dapat menjaga kesehatan mata, Dapat mencegah kanker usus dan lain sebagainya.


Karena sawo mempunyai banyak manfaat, banyak orang yang melaksanakan budidaya sawo ini. Tidak hanya menanam di lahan kebun atau pekarangan, tak jarang orang melaksanakan penanaman atau budidaya sawo di dalam pot. Nah kali ini kita akan membahas perihal cara budidaya sawo dalam pot:


1. Pembibitan Tanaman Sawo

Bibit yang tanam biasanya ialah bibit sawo hasil pencangkokan. Berikut ialah cara mencangkok tumbuhan sawo untuk bibit:


Siapkan dahulu alat dan materi seperti: Serat kelapa atau plastik, tali, pisau, cabang bau tanah yang akan di cangkok dan juga media tanam cangkok berupa tanah yang dicampur dengan pupuk kandang.Setelah itu buatlah 2 irirsan atau keratan melingkar pada cabang yang akan dicangkok, kemudian kupas kulit cabang pada belahan yang di kerat sesudah itu hilangkan kambiumnya dengan cara dikerik sampai tampilan cabang kering. Diamkan selama 3-5 hari.


Setelah itu, olesi bidang bekas keratan atau sayatan yang kering dengan zat penumbuh akar, kemudian ambil pembungkus cangkok yang sanggup terbuat dari plastik atau sabut kelapa kemudian ikat pada belahan bawah keratan cabang kemudian masukan media tanam dan padatkan, kemudian ikat kembali dengan tali belahan atas keratan cabang dan juga belahan tengah bungkusan cangkok dan buatlah lubang kecil dengan jarum. Bibit cangkok akan berakar sesudah berumur sekitar 1,5 sampai 3,5 bulan sesudah proses pencangkokan. Setelah berakar potong bibit cangkok sempurna dibawah bidang karatan cabang dan sanggup dilakukan penanaman.


2. Persiapan Media Tanam

Media tanam yang dipakai untuk menanam sawo dalam pot yaitu berupa gabungan tanah dengan pupuk sangkar atau kompos. Setelah dicampur, media tanam tersebut disiram sampai lembab dan diamkan selama sekitar 3-4 hari sebelum tanam. Selanjutnya masukkan dalam pot tanam yang sudah disiapkan.


3. Penanaman Sawo Dalam Pot

Setelah semua siap, lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam yang diubahsuaikan dengan akar atau tunas cangkok. Tanam bibit cangkok dalam lubang kemudian timbun kembali dengan media tanam disekitarnya, sesudah itu lakukan penyiraman secukupnya.


4. Pemeliharaan Tanaman sawo

Penyiangan

Lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tumbuhan sawo di pot.

Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari pada ekspresi dominan kemarau dan kurangi penyiraman pada ekspresi dominan penghujan.

Pemupukan

lakukan pemupukan setiap 2-3 bulan sekali dengan memakai pupuk Urea, TSP, KCl atau yang lainnya.


5. Pemanenan Tanaman

Sawo yang dibudidayakan melalui cara generatif sanggup dipanena sesudah berumur 6-7 bulan tergantung pertumbuhan dan pemeliharaan tanaman. Pemanenan sanggup dilakukan dengan cara memetik pribadi dengan proteksi gala, gunting atau sanggup juga dengan tangan. Pemanenan sawo sanggup dilakukan setiap 2-3 hari sekali alasannya ialah tumbuhan ini bukan tumbuhan musiman.


Demikian artikel pembahasan tentang”5 Panduan Lengkap Cara Budidaya Sawo Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "5 Panduan Lengkap Cara Budidaya Sawo Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel