Cara Menanam Jambu Biji Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat

Panduan Lengkap Cara Budidaya atau Cara Menanam Jambu Biji Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat –  Jambu biji (Psidium guajava) atau Jambu Batu, Jambu Klutuk, atau Jambu Siki ialah Salah satu tumbuhan buah tropis yang berasal dari famili Myrtaceae. Tanaman buah jambu biji ini berasal dari Brasil yang kemudian menyebar ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji mempunyai buah berwarna hijau dengan daging buah berwarna merah atau putih dan mempunyai rasa manis-asam.


Ada beberapa jenis atau macam jambu biji diantaranya: Jambu bangkok, Jambu sukun, Jambu kristal, Jambu tanjung barat, jambu getas merah, dan juga jambu australia


Jambu biji mempunyai banyak manfaat diantaranya Mencegah Kanker, Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Membantu Menjaga Kesehatan Mata, Membantu Mengatasi Disentri dan Diare, Menjaga Kesehatan Otak, Menutrisi Kulit dan lain sebagainya.


Jambu biji tidak hanya sanggup ditanam di lahan pekarangan tapi juga sanggup di tanam di pot atau tabulampot. Nah, kali ini kita akan membahas perihal cara budidaya jambu biji dalam pot. Berikut ialah cara budidaya jambu biji dalam pot.


A. Pemilihan Bibit Jambu Biji

Jambu biji sanggup diperbanyak dengan cara okulasi atau pun dari biji. Pilihlah bibit yang dalam kondisi baik dan bebas dari hama dan penyakit, bibit yang berasal dari bibit okulasi atau penempelan dipilih yang telah berumur minimal sekitar 4 bulan. Sebaiknya, panjang satu cabang tunas sudah mencapat sekitar 30 cm dan mempunyai 6 pasang daun.


B. Penanaman Jambu biji Dalam Pot

Pilihlah pot yang berukuran besar dengan diameter sekitar 1 meter, pot tersebut sanggup terbuat dari plastik, semen ataupun drum bekas sebab tumbuhan jambu biji sanggup tumbuh dengan ketinggian maksimal sekitar 10 meter.


Masukkan media tanam yang porous dan gembur kedalam pot tanam yang telah disiapkan. Media tanam tersebut sanggup berupa adonan tanah merah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1 : 1.


Tanamlah bibit dalam pot, pertama buka dahulu polybag tanam bibit dengan hati-hati semoga media bibit dan akarnya tidak rusak. Buatlah lubang tanam dalam pot tanam kemudian timbun kembali. Potong akar tunggang sedikit Agar akar tumbuh lebih banyak dan juga potong lebar dau separuh untuk mengurangi penguapan.


Jika sudah final menanam dan media tanam sudah dipadatkan siramlah tumbuhan sampai air merembes dari dasar pot.


C. Perawatan Tanaman Jambu Biji Dalam Pot



  • Penyiangan

    Setelah 2 ahad sesudah tanam, lakukan penyulaman pada tumbuhan pengganggu atau gulma yang tumbuh di sekitar tumbuhan jambu biji dalam pot.

  • Penyiraman

    Lakukan penyiraman secara teratur sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari 2 ahad sesudah tanam. Setelah itu penyiraman sanggup dikurangi menjadi satu kali sehari. Jika sudah tumbuh dengan baik, anda sanggup melaksanakan penyiraman seperlunya saja.

  • Pemupukan

    Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk sangkar tidak sesuai dengan takaran sebab jikalau melebihi takaran maka akhirnya akan lebih maksimal.


Demikian arikel pembahasan tentang”Cara Menanam Jambu Biji Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Jambu Biji Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel