Cara Budidaya Ikan Sepat Siam Yang Mudah Dan Menguntungkan Bagi Pemula

Cara Budidaya Ikan Sepat Siam Yang Praktis Dan Menguntungkan Bagi Pemula


Ikan Sepat siam atau Ikan sepat rawa (Trichogaster pectoralis) yaitu salah satu jenis ikan sepat yang merupakan ikan air tawar anggota dari suku gurami atau Osphrobnemidae. Ikan ini dalam bahasa inggris disebut dengan Siamese gourami atau snake skin gouramy, penamaan tersebut merujuk pada teladan warna belang yang ada pada sisi tubuhnya.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Perciformes

Famili: Osphronemidae

Genus: Trichogaster

Spesies: Trichogaster pectoralis


Sama halnya dengan ikan sepat yang lain, ikan ini banyak ditemukan di rawa, sungai, danau ataupn parit-parit yang basah tenang. Ikan ini berukuran sedang, panjangnya sanggup mencapai sekitar 25 cm, ikan ini lebar pipih dengan ekspresi agak meruncing . Sirip punggung, ekor, sirip dada, dan sirip duburnya berwarna gelap. Ikan yang hidup di alam liar biasanya berwarna perak kusam kehitaman sampai agak hijau pada hampir bab tubuhnya, kadang bab badan belakang terlihat agak jelas berbelang miring.


Ikan sepat siam ini banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi maupun ikan hias dalam akuarium. Ikan sepat siam ini sanggup dibiudidayakan di kolamn terpal, tanah atau yang lainnya. Berikut yaitu cara budidaya ikan sepat siam:


1. Pemilihan Indukan Ikan Sepat Siam

Ikan sepat siam yang akan dijadikan indukan sebaiknya dipilih yang sehat dan berkualitas. Ikan yang akan dijadikan indukan tidak abnormal, pertumbuhannya relatif jauh lebih cepat dan tentunya telah matang gonad.


2. Persiapan Kolam Budidaya Ikan Sepat Siam

Ikan sepat siam ini sanggup dibudidayakan dalam aneka macam jenis kolam, mulai dari bak terpal, bak beton, bak tanah dan lain sebagainya. Namun disarankan menentukan jenis bak terpal yang lebih mudah. Nah, kali ini kita akan membahas perihal cara budidaya sepat siam dalam bak terpal:



  • Pertama, buatlah lubang untuk bak dengan ukuran lebar sekitar 3 sampai 5 meter , panjangnya sekitar 8 sampai 10 cm dengan kedalaman sekitar 1 sampai 2 meter. Selanjutnya siapkan dan pasang media terpal dengan ukuran sesuia denga bak yang telahg disiapkan sebelum.

  • Sebelum bibit ikan dimasukkan dalam kolam, sebaiknya terpal bak dibersihkan terlebih dahulu dengan memakai larutan air garam atau sanggup juga memakai insektisida untuk menghindari bibit terjangkit aneka macam penyakit. Lalu diamkan selama sekitar 2 sampai 3 hari.

  • Selanjutnya, isikan air dalam bak dengan ketinggian sekitar 30 cm sampai 40 cm (jangan terlalu penuh).

  • Jika sudah, masukkan bibiit ikan sepat siam ke dalam bak yang sudah disiapkan. Dalam setiap bak diisi ikan sepat sebanyak 50-100 ekor saja.


3. Pemeliharaan Ikan Sepat Siam

Pemeliharaan ikan ini sanggup dilakukan dengan cara melaksanakan sanitasi bak dengan baik, lakukan pertolongan pakan secara teratur sebanyak 2 kali sehari, lakukan pula pergantian air secara terpola yaitu 2-3 ahad sekali.


4. Pemanenan Sepat Siam

Ikan sepat siam sanggup dipenen sesudah berumur sekitar 3-4 bulan. Pemenenan ikan sepat siam ini baik dilakukan pada pagi dan sore hari. Cara pemanenan sanggup dilakukan dengan cara menguras air dalam bak tersebih dahulu atau menjaring ikan secara bertahap. Setelah pemenan anda sanggup menjual ikan tersebut sebagai ikan konsumsi ataupun ikan hias dalam akuarium.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Sepat Siam Yang Praktis Dan Menguntungkan Bagi Pemula”, supaya bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Sepat Siam Yang Mudah Dan Menguntungkan Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel