Daun Sembung Redam Nyeri Rematik Sendi

Mirah Sutejo memang menderita rematik akut Daun Sembung Redam Nyeri Rematik SendiMirah Sutejo memang menderita rematik akut. Nyeri sendi plus nyeri tulang sampai infeksi acapkali mendera wanita 41 tahun di Salatiga, Jawa Tengah itu. “Biasanya nyeri itu muncul ketika terkena udara dingin,” katanya. Udara cuek memang memicu saraf pada persendian mengerut sehingga menjadikan nyeri.


Mirah menuturkan, kondisi rematik sendi mulai membaik sehabis beberapa kali meminum air rebusan daun sembung Blumea balsamifera. “Kebetulan abang ipar punya penyakit rematik dan rajin minum air rebusan daun sembung,” tutur Mirah. Caranya, 4-5 lembar daun direbus dengan 1,5 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Mirah meminumnya sehari sekali ketika pagi hari.


Daun sembung berasa pedas, sedikit pahit, hangat, dan berbau rempah. Metabolit utama pada daun sembung yaitu minyak asiri menyerupai borneol, cineole, kamfora, diterpen, dan triterpen. Sekurangnya terdapat 50 komponen minyak asiri pada daun sembung. Minyak asiri itu yang membikin nyeri rematik sendi yang diderita Mirah membaik karena bersifat menghangatkan sekaligus menghilangkan rasa sakit (analgesik).


Daun yang memiliki senyawa blumeatin yang berefek hepatoprotektor alias pelindung hati itu memang telah diriset sifat analgesik pada mencit putih dan terbukti menekan rasa sakit. Pun minyak asiri yang terkandung tak sekadar menghangatkan, tapi juga berguna antiradang sehingga bisa menekan pembengkakan.


Belum ada Komentar untuk "Daun Sembung Redam Nyeri Rematik Sendi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel