Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Kucai Di Pot atau Polybag Dengan Mudah Di Rumah

Panduan Lengkap Cara Menanam Kucai, Bawang Kucai atau Daun Kucai Di Pot atau Polybag Dengan Mudah Di Rumah


Kucai, Bawang Kucai atau Daun Kucai yaitu salah satu jenis tanamana rempah yang sanggup dijadikan sebagai materi darar obat herbal. Namun, tak jarang dijadikan sebagai materi kuliner alasannya yaitu kucai dikenal sebagai sayuran daun. Nama ilmiah kucai yaitu Allium tuberosum dan A. ramosus.


Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae

Sub kingdom : Tracheobionta

Super Divisi : Spermatophyta

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Liliopsida

Sub Kelas : Liliidae

Ordo : Liliales

Famili : Liliaceae

Genus : Allium

Spesies : Allium tuberosum & Allium ramosus


Kucai berdaun pipih dan mempunyai bunga berwarna putih.Daun kucai mempunyai aroma yang tajam dan pekat namun berbeda dengan aroma yang dimiliki oleh daun bawang ataupun daun prei, bunga dari kucai sanggup dijadikan sebagai rempah penyedap. Nama kucai ini berasal dari bahasa Hokkian “Kú-chhài”. Tanaman kucai sendiri banyak dijumpai di Kawasan Asia Tenggara, selain itu kita juga sanggup menemukan kucai di China, India dan Jepang.


Karena manfaat dan kegunaannya, banyak orang sekarang mulai melaksanakan budidaya bawang kucai ataul Garlic Chives ini untuk dijadikan salah satu perjuangan mereka. Tidak hanya sanggup dibudidayakan di lahan yang luas, bagi anda yang mempunyai lahan sempit namun ingin menanam atau budidaya bawang kucai ini sanggup melaksanakan penanaman memakai pot atau polybag. Berikut yaitu cara budidaya menanam Bawang Kucai di Pot atau Polybag:


1. Persiapan Pot atau Polybag Tanam Dan Media Tanam

Pot atau polybag tanam yang perlu disiapkan yaitu pot atau polybag tanam dengan ukuran sedang dengan diameter sekitar 25 cm. Pilihah pot atau polybag yang berwarna hitam. Selain memakai pot atau polybag bersama-sama penanaman sanggup dilakukan dengan memakai kaleng bekas dan bab bawahnya di lubangi.


media tanam yang dipakai untuk menanam kucai dalam pot yaitu adonan tanah dengan kompos atau bokhasi, alasannya yaitu kandungan materi organik yang tinggi pada media tanam akan mempercepat pertumbuhan tanaman. Perbandingan antara tanah dengan kompos yaitu 1 : 1 dan tambahkan furadan 3g sebanyak satu sendok ke setiap polybag atau pot tanam. selanjutnya, masukkan mesia tanam dalam pot atau polybag tanam yang telah disiapkan.


2. Persiapan Media Bibit Bawang Kucai

Bibit bawang kucai diperoleh dari tumbuhan kucai yang sudah tau dan telah berbunga, selanjutnya bunga tersebut dikeringkan, kalau sudah kering gosok dengan tangan untuk mendapat biji benih.


3. Penanaman Bawang Kucai Dalam Pot

Sebelum penanaman, media tanam dalam pot atau polybag terlebih dahulu disiram sampai berair merata. Selanjutnya biji benih kucai di tabur dalam polybag atau pot tersebut dan tutup kembali dengan tanah tipis saja.


4. Perawatan Tanaman Bawang Kucai



  • Penyiraman

    Lakukan penyiraman setiap hari ketika biji benih gres di tabur, selanjutnya lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari atau kalau media tanam terlihat kering.

  • Penjarangan Dan Pembubunan

    Lakukan penjarangan dan pembubunan kalau tumbuhan kucai tumbuh bergerombol, penjarangan ini dilakukan ketika tumbuhan telah berukuran panjang sekitar minimal 3 cm.

  • Pemupukan

    Lakukan pemupukan secara rutin yaitu setiap 2-3 ahad sekali. Pemupukan tersebut memakai pupuk kompos atau bokashi.

  • Penyiangan

    Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu yang tumbuh disekitar tumbuhan kucai dalam pot atau polybag, penyiangan ini dilakukan setiap 2 ahad sekali atau sanggup diadaptasi dengan frekuensi pertumbuhan gulma.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Kucai Di Pot atau Polybag Dengan Mudah Di Rumah“, biar bermanfaat. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Kucai Di Pot atau Polybag Dengan Mudah Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel