Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Agar Cepat Panen Bagi Pemula

Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Agar Cepat Panen Bagi Pemula – Ikan Nila ialah salah satu jenis ikan tawar konsumsi. Ikan dengan nama ilmiah Oreochromis niloticus ini mempunyai ukuran sedang dengan panjang total sekitar 30 cm. Tubuh ikan ini mempunyai badan berwarna kehitaman dengan beberapa belang. Bagian sirip, tenggorokan, dan ujung sirip punggung mempunyai warna merah, kemerahan atau kekuningan.


Banyak orang yang menyukai ikan ini untuk diolah menjadi banyak sekali macam olahan makanan ibarat ikan goreng, atau dijadikan hidangan lainnya yang disajikan dengan lalapan.


Dengan melihat peluang perjuangan yang begitu bagus, sekarang banyak orang mulai membudidayakan ikan nila  ini, alasannya ialah selain digemari banyak orang,  ikan nila ini sangat gampang berbiak. Ikan nila sanggup dibudidayakan  di banyak sekali jenis bak mulai dari kolam tanah, bak terpal, bak beton atau jenis bak lainnya. Nah, kalau anda tertarik untuk melaksanakan budidaya ikan nila, kalian sanggup menyimak pembahasan kita kali ini yaitu wacana cara budidaya ikan nila di bak terpal, berikut selengkapnya.


Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal


Persiapan Kolam Terpal


Pertama tentukan terlebih dahulu lokasi yang akan dibentuk bak terpal untuk budidya ikan nila. Pilihlah lokasi yang terkena sinar matahari langsung. Jika sudah ditentukan lokasinya, selanjutnya gali tanah sedalam 50 cm. Tanah bekas galian jangan diratakan nantinya sanggup dijadikan sebagai tanggul semoga bak terpal menjadi besar lengan berkuasa dan tidak gampang rusak lalu dinberi watu bata.


Jika lubang galian bak sudah jadi, beri bab dasar bak dengan sekam secara merata. Selanjutnya pasang terpal yang telah disiapkan dan tumpangi bab atas terpal dengan cara di patok atau cara yang lainnya semoga nantinya terpal tidak gampang goyah tanggapan terkena angin atau hujan. Jangan lupa juga untuk menciptakan susukan pintu air untuk memasukkan air dan mengeluarkan air yang dimana air akan diganti saaat ikan nila berumur beberapa minggu. Pada pintu air diberi saringan sebagai tahapp resensi budidaya ikan nila.


Pengisian Air Kolam, Penebaran Benih Hingga Pemanenan Ikan Nila


Jika bak sudah siap, selanjutnya isi bak dengan air higienis dan taburkan benih ikan nila. Benih yang ditebar biasanya berukuran sekitar 12 cm dengan berat 30 gram. Dalam bak tersebut anda sanggup menebarkan ratusan benih ikan. Lakukan pinjaman pakan dan perawatan yang baik sampai masa panen ikan nila tiba. Ikan nila sanggup mulai dipanen sesudah berumur kurang lebih sekitar 6 bulan atau kalau ikan mas telah mempunyai bobot sekitar 300 grma sampai 500 gram per ekor.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Agar Cepat Panen Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Agar Cepat Panen Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel