Cara Budidaya Ikan dalam Parit “Praktis dan Berkualitas Tinggi”

Cara Budidaya Ikan dalam Parit “Praktis dan Berkualitas Tinggi” – Budidaya ikan dengan sistem air deras yakni budidaya ikan dalam parit. Sistem budidaya ini memanfaatkan jalan masuk air atau parit sebagai bak budidaya, pemanfaatan jalan masuk air sebagai perjuangan budidaya ikan tanpa mengurangi dan mengubah fungsi tersebut. Sistem ini sudah berkembang pesat sebab biayanya relatif murah.


Budidaya ikan dalam parit bisa memperlihatkan beberapa laba bagi pembudidaya diantaranya:



  • Biaya pelaksanaannya relatif rendah dan produksi cukup tinggi

  • Keuntungahn yang didapatkann akan meningkatkan kemampuan pembudidaya untuk memenuhi kebutuhan gizi.

  • Sekat yang dipakai sebagai pembatas ruang gerak ikan secara tidak pribadi akan menahan sampah yang ada di parit atau jalan masuk air sehingga gampang dibersihkan.

  • Sisa masakan dan kotoran hasil metabolisme akan segera terbuang dan terurai menjadi unsur yang bisa mempunyai kegunaan bagi pertumbuhan tanaman.

  • Karena sistem bak dari parit atau jalan masuk air mempunyai prinsip yang sama dengan sistem bak air deras maka ikan bisadipelihara dengan tingkat kepadatan tinggi.


Saluran air atau parit yang baik untuk dipakai sebagai daerah budidaya ikan yakni parit yang mempunyai debit air sekitar 100 sampai 125 liter per detik dengan kedalaman air tidak kurang dari 40 cm dan tuidak lebih dari satu meter. Namun kalau seandainya tidak tersedia parit atau jalan masuk air yang memenuhi syarat menyerupai yang dijelaskan tadi, anda sanggup memakai parit atau jalan masuk air yang lainnya namun tentu saja jadinya akan sedikit berbeda. Berikut yakni materi dan kontruksi yang diperlukan dalam pembuatan bak parit untuk ikan.


Persiapan Bahan dan Pembuatan Kontruksi Kolam


Bahan yang diperlukan untuk menciptakan bak untuk budidaya ikan dalam parit yaitu bambu yang sudah bau tanah dan mempunyai panjang ruas yang cukup. Setelah itu, bersihkan bambu kemudian potong potong dengan ukuran panjang sekitar 70 cm sampai 100 cm dan lebar 5 cm. Apabila anda memakai jaring kawat, maka gunakan jaring kawat yang mempunyai ukuran mata jaring yang sesuai dengan ukuran benih ikan yang akan dibudidayakan. Selanjutnya potong jaring tersebut dengan ukuran lebar sekitar 70 cm sampai 100 cm dan panjang disesuai dengan lebar parit.


Jika lokasi dan materi telah siap, selanjutnya buat kontruksi bak parit budidaya ikan tersebut. Berikut langkah-langkah menciptakan kontruksi kolam.


a. Pertama, siapkan kerangka kayu dengan ukuran diubahsuaikan dengan lebar parit, biar rangka tersebut tidak terbawa arus air, maka sebaiknya tanam rangka kayu tersebut sedalam 20 cm pada tiap tebing parit atau jalan masuk ait. Kerangka terdiri atas dua bilah kayu yang dipasang melintang sesuai dengan lebar parit atau jalan masuk air yang digunakan. Letakkan kayu tersebut sejajar satu sama lain dan kayu yang satu berada diatas kayu lain dengan jarak sekitar 40 cm sampai 60 cm.


b. Kerangka bak harus dibentuk dua buah dengan jarak satu sama lain ditentukan menurut lebar parit atau jalan masuk air. Kerangka ini berfungsi untuk membatasi ruang gerak ikan, sehingga akan memudahkan pada dikala pemanenan ikan.


c. Selanjutnya, pasang potongna bambu yang telah disiapkan tadi pada kerangka kayu. Ujung bambu harus tertanam di dasar perairan sekitar 10 cm dan ujung yang laiinyya muncul dipermukaan air minimal setinggi 20 cm. Jarak antara potongan bambu cukup sekitar 2 cm sampai 2,5 cm atau sesuaikan dengan ukuran benih ikan yang akan dibudidayakan. Sama halnya kalau anda menggunana jaring kawat, jaring kawat harus tertanam sedalam 10 cm dan belahan atasnya muncul ke permukaan air dengan ketinggian minimal sekitar 20 cm.


d. Disarankan parit yang gunakan mempunyai perbandingan panjang dan lebar tidak lebih dari 2 : 1 yang berarti apabila panjang parit atau jalan masuk air 4 meter maka lebar bak 2 meter.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan dalam Parit “Praktis dan Berkualitas Tinggi”“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan dalam Parit “Praktis dan Berkualitas Tinggi”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel