Cara Memelihara Ikan Mas Dalam Drum Bagi Pemula

Cara Memelihara Ikan Mas Dalam Drum Bagi Pemula – Jika dibandingkan dengan budidaya binatang ternak menyerupai ayam dan itik, budidaya ikan tidak mengakibatkan wangi yang sanggup mengganggu kita atau tetangga lainnya. Melakukan budidaya ikan tidak hanya sanggup menambah perekonomian keluarga dan memenuhi kebutuhan protein bagi keluarga saja namun juga sanggup menjadi hobi yang sanggup mengurangi stres.


Ada banyak jenis ikan yang sering dibudidayakan diantarannya ialah ikan mas.Nah kali ini kita akan membahas ihwal cara budidaya ikan mas. Budidaya ikan mas ini tidak sesulit yang dibayangkan terutama pada dikala pembesaran. Pembesaran ikan mas tidak membutuhkan lahan yang luas dan banyak air, di tempat yang relatif sempit atau bahkan di tong atau drum pun bisa.


Ikan mas membutuhkan kondisi lingkungan hidup tertentu untuk pertumbuhan. Secara umum ikan mas akan tumbuh dengan baik pada tempat rendah sampai 1.000 m dari permukaan bahari dengan suhu optimum 20ºC-25ºC dan pH atau derajat keasaman air sekitar 7-8.


Biasanya untuk pembesaran ikan mas, orang banyak memakai bak air deras atau dalam keramba di sungai yang mempunyai pedoman air deras. Ikan mas yang hidup di pedoman air yang deras mempunyai pertumbuhan yang lebih baik bila dibandingkan dengan bak dengan air tergenang. Namun kali ini kita akan membahas ihwal cara pembesaran ikan mas dalam drum atau tong. Berikut selengkapnya.


Cara Budidaya Ikan Mas Dalam Drum


Persiapan Drum


Pertama, siapkan dahulu drum yang akan dipakai untuk bak pembesaran baik itu drum plastik atau drum besi. Selanjutnya lubangi bab dasar tengah drum kemudian sambungkan pipa baik paralon atau pipa besi sebegai kanal pembuangan air dan kotoran yang mengendap di dasar drum. Bagian ujung pipa dinaikan sejajar dengan tinggi air dalam drum yaitu sekitar 80 cm dari dasar drum. Tampung air buangan dalam wadaha menyerupai bejana dengan disaring terlebih dahulu.


Untuk memanipulasi lingkungan drum semoga menyerupai bak air deras, letakkan pompa air kecil dalam drum untuk memompa air masuk ke dalam drum. Arahkan semburan air ke pinggir drum semoga terjadi perputaran air dalam drum, sehingga kotoran yang mengendap akan terkumpul di tengah dasar drum dan kotoran tersebut akan keluar bersamaan dengan keluarnya kelebihan air. Pompa air sebaiknya dipasang pada bejana tempat penampungan air buangan, sehingga akan menghemat penggunaan air. Usahakan semburan air pompa menghasilkan gelembung udara pada air dalam drum untuk menambah kandungan oksigen dalam air yang diharapkan ikan mas untuk pernapasan. Lebih jelasnnya perhatikan ilustrasi dibawah ini.


Cara Memelihara Ikan Mas Dalam Drum Bagi Pemula Cara Memelihara Ikan Mas Dalam Drum Bagi Pemula

Penebaran Benih Ikan Mas Ke Drum


Jumlah benih ikan mas yang dimasukkan dalam drum diadaptasi dengan luas drum yang digunakan. Patokkannya, dalam bak biasa diharapkan sekitar 1,5 kg benih ikan per meter persegi. Jikalau drum mempunyai diameter sekitar 60 cm maka diharapkan benih ikan mas seberat 450 gram. Dengan ukuran panjang benih sekitar 5-8 cm dibesarkan sampai ukuran konsumsi yaitu 40-60 gram per ekor diharapkan waktu sekitar 4-6 bulan.


Pada bak air tenang, laju pertumbuhan ikan mas sekitar 3 cm/bulan sedangkan pada bak air deras atau drum dengan pompa laju pertumbuhan ikan lebih cepat. Semakin usang ikan akan semakin besar dan drum akan semakin padat maka dari itu diharapkan pengurangan jumlah ikan semoga pertumbuhan ikan mas tidak terganggu.


Pemberian Pakan Ikan Mas


Pakan yang diberikan untuk ikan mas dalam drum tidak berbeda dengan ikan mas yang ada dalam bak biasa. Pakan yang diberikan pada ikan yang penting mengandung protein sekitar 40%. Pakan dalam bentuk pelet diberikan setiap hari sebanyak 2 kali yaitu pada pagi dan hari dengan dukungan pakan sebanyak 3-5% dari berat tubuh ikan, contohnya berat seluruh ikan dalam drum 450 gram maka pakan yang diberikan perharinya sekitar 13,5-22,5 gram.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Memelihara Ikan Mas Dalam Drum Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.




Belum ada Komentar untuk "Cara Memelihara Ikan Mas Dalam Drum Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel