Cara Sukses dan Mudah Menanam dan Merawat Bunga Sepatu Dalam Pot

Cara Menanam dan Merawat Kembang Sepatu/Bunga Sepatu Dalam Pot – Bunga Sepatu atau Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) yaitu jenis tumbuhan bunga dan merupakan salah satu tumbuhan perdu atau semak yang berasal dari suku Malvaceae. Tanaman bunga ini berasal dari Asia Timur, Kembang sepatu banyak ditanam untuk tumbuhan hias baik di iklim tropis maupun subtropis.


Bunga sepatu mempunyai bunga berbentuk terompet yang terdiri dari 5 daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak komplemen dengan diameter bunga sekitar 6-20 cm. Tinggi tumbuhan bunga sepatu sekitar 2 sampai 5 meter, bentuk daunnya lingkaran telur melebar atau lingkaran telur sempit dengan ujung meruncing. Tanaman Bunga sepatu berkembang biak dengan cara cangkok, stek atau penempelan. Bunga sepatu mempunyai variasi warna yang bermacam-macam menyerupai merah, putih kuning, biru, ada yang 2 warna dan masih banyak lagi.


Cara Menanam Bunga Sepatu Dalam Pot


Bunga sepatu merupakan tumbuhan semak yang sanggup hisup sampai 40 tahun lebih. Tanaman bunga sepatu ini sanggup tumbuh pada kawasan yang mempunyai suhu 15 sampai 32 derajat celcius.


Persiapan Media Tanam


Media tanam yang akan dipakai untuk menanam bunga sepatu yaitu adonan tanah dan pupuk rendah fosfor serta tinggi kalium. Pada dasarnya bunga sepatu menyukai tanah yang asam. Jika pH tanah terlalu basa maka sanggup menambahkan tanah gambut yang berasal dari lumut.


Penanaman Bunga Sepatu Dalam Pot


Jika media tanam telah simpulan di buat, selanjutnya lakukan penanaman. Masukkan media tanam ke pot tanam, selanjutnya lubangi media tanam sedama 1 cm sampai 2 cm. Kemudian masukkan benih kembang sepatu secara perlahan ke dalam lubang tanam kemudian tutup kembali dengan tanah tipis saja.


Cara Merawat Bunga Sepatu


Penyiraman dan Pemupukan


Lakukan penyiraman secara rutin namun secukupnya saja. Selain penyiraman, lakukan pemupukan biar nutrisi yang di butuhkan untuk pertumbuhan tumbuhan terpenuhi. Pupuk yang dipakai sanggup berupa pupuk kompos atau pupuk NPK yang diberikan secara berkala.


Pemangkasan


Agar tumbuhan bunga sepatu tetap terlihat rapi dan tidak berantakan, maka perlu dilakukan pemangkasan. Pemangkasan pada ranting atau dahan tumbuhan dilakukan guna memacu munculnya bunga yang lebih banyak. Apabila ada bab tumbuhan yang mati atau rusak, segera dipangkas biar tunas gres cepat tumbuh.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Sepatu Dalam Pot“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses dan Mudah Menanam dan Merawat Bunga Sepatu Dalam Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel