Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Tembok Agar Lebih Cepat Besar dan Panen

Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Tembok Agar Lebih Cepat Besar dan Panen Ikan patin yakni salah satu jenis ikan yang masuk dalam kelompok ikan berkumis (Siluriformes), genus Pangasius dan famili Pangasiidae. Kelompok ikan ini yang mempunyai nilai irit yang tinggi yaitu patin dan patin siam/jambal siam. Ikan patu mempunyai rasa yang lzat dan sanggup diolah menjadi banyak sekali jenis masakan ibarat pindang, digoreng atau diolah menjadi hidangan lainnya.


Budidaya Patin sanggup dilakukan di banyak sekali jenis bak ibarat bak terpal, bak tanah, bak tembok dan lainnya. Nah kali ini kita akan membahas ihwal cara budidaya ikan patin di bak tembok/kolam beton/kolam semen.


Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Tembok/Kolam Beton/Kolam Semen


Persiapan Kolam Budidaya


Apabila anda memakai di bak tembok/kolam beton/kolam semen, anda perlu melaksanakan beberapa persiapan. Namun bak yang akan dipakai bak gres atau bak lama, kalau bak gres tidak ada syarat khusus yang harus dilakukan sedangkan kalau anda memakai bak lama, kalian harus melaksanakan beberapa persiapan diantaranya pencucian bak dari banyak sekali kotoran yang ada, anda sanggup melaksanakan penyemprotan tembok atau dinding bak dengan memakai larutan formalin yang dicampur dengan air, selanjutnya isi bak dengan air setinggi 40-50 cm. Kemudian tebar larutan kalium permanganat secara merata dan diamkan air bak selama 2 sampai 5 hari.


Penebaran Benih Ikan Patin


Jika bak sudah final disiapkan, selanjutnya lakukan penebaran benih. Lakukan perhitungan padat tebar benih per m3 bak terlebih dahulu. Anda sanggup menebarkan ikan dengan kepadatan tebar 20-30 ekor per 1 m3 kolam.


Cara Penebaran benih ikan patin yaitu dengan mendiamkan benih pada kantong plastik yang mengapung di permukaan bak selama 10 menit, kemudian buka plastik dan masukkan air bak ke lkantong plastik tadi dengan perbandingan 0,5 air bak dan 1 air kantong plastik selama lima menit biar benih ikan sanggup beradaptasi, sesudah itu ikan sanggup ditebar ke kolam.


Pemberian Pakan Ikan Patin


Ikan patin yang berbobot kurang dari 200 gram/ekor, anda sanggup memperlihatkan pakan dengan porsi dosis 3%-5% pada total berat ikan. Pakan sanggup diberikan sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Apabila bobot ikan lebih dari 200 gram/ekor sanggup diberikan pakan dengan dosis 1,5%-2% terhadap berat total ikan dan pakan diberikan sehari sekali yaitu pada sore hari.


Masa Panen Ikan Patin


Pemanenan ikan patin sanggup dilakukan dengan 2 cara yaitu pemanenan seleksi dan pemanenan total. Panen seleksi dilakukan dengan cara ikan di jaring kemudian dipilih yang ukurannya sudah maksimal. Sedangkan pemanenan total dilakukan dengan cara mengambil semua ikan yang ada di dalam kolam.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Tembok Agar Lebih Cepat Besar dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Tembok Agar Lebih Cepat Besar dan Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel