Labu Siam Sehatkan Usus

 Yogyakarta acapkali didera sembelit dan kembung Labu Siam Sehatkan UsusDi usia tergolong muda, 28 tahun, Siti Rukmanah di Jetis, Yogyakarta acapkali didera sembelit dan kembung. “Pola makan aku tidak baik selepas sekolah menengah atas (SMA, red),” ujar pegawai swasta itu. Siti mengandalkan obat bebas untuk mengatasi dilema di organ pencernaan tersebut, meski efek kesembuhannya sementara.


Ketergantungan obat itu yang mengusik abang sang ibu yang kediamannya selama beberapa waktu menjadi kawasan Siti ketika sibuk mencari kerja. Bude (kakak ibu, Jawa, red) menyuruh untuk mengonsumsi labu siam. Sang bude pula yang justru rajin membeli labu tersebut di pasar lantas merebusnya untuk Siti. “Sebuah labu direbus dengan 1,5 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Labunya dimakan juga airnya diminum,” ujar Siti.


Tak hingga 5 hari, wanita penyuka bakso itu mencicipi kondisinya mulai berubah. “Sembelit dan kembung mulai jarang muncul dan perut terasa enak,” ujarnya. Yang menggembirakan, berselang 2 pekan semenjak rutin konsumsi, Siti benar-benar terbebas dari sembelit dan kembung.


Sechium edule yang terkenal disebut waluh itu mengandung sejumlah senyawa ibarat alkaloid, saponin, kardenolin, dan flavonoid, yang terbukti ilmiah bisa mengatasi bermacam-macam keluhan Inflammatory Bowel Disease (IBD) alias penyakit peradangan usus yang ditunjukkan oleh aneka tanda-tanda ibarat diare, sembelit, rasa nyeri pada perut, sendawa dan kembung.


Riset Arinda Nala Kusuma, Aulanni’am, Dyah Kinasih Wuragil dari Program Studi Kedokteran Hewan, Program Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya, menawarkan kemampuan air perasan labu siam untuk menurunkan acara protein ileum pada binatang percobaan tikus Rattus norvegicus.


Aktivitas protein ileum itu yang memicu aneka tanda-tanda IBD yang kalau dibiarkan oleh penderita IBD menyebabkan sejumlah dilema ibarat pendarahan dan abuh berat susukan usus, usus tersumbat, hingga usus berlubang. Itu efek dari dinding usus semakin tipis akhir peradangan dalam jangka lama. Riset itu menunjukan tugas senyawa flavonoid pada labu siam yang meredam acara protein ileum melalui prosedur antioksidan.


Belum ada Komentar untuk "Labu Siam Sehatkan Usus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel