Cara Mudah Budidaya Jeruk Nipis agar Cepat Buah Bagi Pemula Sukses

Cara Budidaya Jeruk Nipis Agar Sukses Bagi PemulaJeruk Nipis (Citrus aurantifolia) yaitu salah satu tumbuhan buah yang berasal dari suku Rustaceae atau jeruk-jerukan. Pohon pada jeruk nipis sanggup tumbuh dengan ketinggian mencapai 3 hingga 6 meter dengan cabang berduri dengan jumlah yang banyak, bentuk daunnya lonjong dengan tangkai bersayap kecil, bunganya kecil dan mempunyai amis yang harum, serta buahnya mempunyai bentuk lingkaran atau lonjong, pada bab ujung agak meruncing, warna buahnya hijau kekuningan, kulit buahnya agak tebal dan sulit kalau dibuka langsung, daging buahnya tebal dan tidak serabut, bentuk bijinya lingkaran oval serta mempunyai rasa asam. Nah kali ini kita akan membahas perihal cara budidaya jeruk nipis, berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Jeruk Nipis


Persiapan Lahan Tanam Jeruk Nipis


Lahan yang akan dipakai untuk menanam budidaya jeruk nipis disiapkan terlebih dahulu, Tanaman pengganggu atau gulma dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, tanah lahan tanam diolah terlebih dahulu dengan cara dicangkuli hingga gembur. Jika sudah, selanjutnya buatlah lubang tanam sedalam 50 cm dengan jarak antar lubang tanam yaitu sekitar 6 meter x 6 meter. Setelah lubang tanam siuap selanjutnya lakukan pemupukan dasar pada lubang tanam dengan memakai pupuk sangkar atau pupuk kompos.


Persiapan Bibit Jeruk Nipis


Bibit yang akan ditanam yaitu bibit cangkok atau bibit stek. Bibit jeruik nipis tersebut sanggup kalian beli di toko tanaman. Jika semuanya sudah siap, lakukan tanam bibit pada lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya.


Perawatan Tanaman Jeruk Nipis


Adapun perawatan yang dilakukan pada tumbuhan jeruk nipis antara lain:


Penyulaman

Jika ada tumbuhan yang mati, segera lakukan penyulaman dengan menggantinya dengan tumbuhan yang baru.


Penyiangan

Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan jeruk nipis supaya nantinya pertumbuhan tanman jeruk nipis tidak terganggu.


Penyiraman

Lakukan penyiraman secara teratur yaitu setiap seminggu sekali. Penyiraman tersebut jangan hingga menggenang..


Pemupukan

Pemupukan ini dilakukan supaya pertumbuhan tanman jeruk lebih baik. Pemupukan jeruk nipis ini dilakukan sebanyak dua kali. Pertama ketika pengolahan lahan, pemupukan dilakukan dengan memakai pupuk organik. Pemupukann kedua dilakukan ketika tumbuhan sudah tumbuh besar dengan memakai pupuk TSP, dolomit,ZA, Urea dan pupuk sangkar dengan takaran yang berbeda setiap bulan.


Pemangkasan

Ini merupakan tahapan final pemeliharaan yang dilakukan sebelum masa panen tiba. Pemangkasan ini dilakukan pada daun atau bab tumbuhan yang sakit supaya tidak menular ke bab yang lainnya dan kualitas jeruk tetap terjaga.


Demikian artikel tentang”Cara Budidaya Jeruk Nipis Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Budidaya Jeruk Nipis agar Cepat Buah Bagi Pemula Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel