Cara Sukses Budidaya Ikan Mas Di Kolam Beton/Semen Bagi Pemula Supaya Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Beton/Semen Bagi Pemula Supaya Cepat BesarIkan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) yaitu salah satu jenis ikan air tawar yang sudah usang dibudidayakan di Indonesia yaitu sekitar tahun 1920an.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Cypriniformes

Famili: Cyprinidae

Genus: Cyprinus

Spesies: C. carpio


Ikan mas yaitu salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak disukai oleh orang karen atekstur dagingnya yang lembut serta enak dan gampang dalam melaksanakan pengolahannya (dapat dijadikan banyak sekali macam olahan). Karena hal tersebut, Ikan mas bernilai hemat tinggi, sehingga ikan mas sekarang banyak dibudidayakan, baik itu di kolam terpal, kolam tanah maupun kolam beton/kolam semen atau yang lainnya.


Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Beton


Persiapan Kolam


Kolam yang akan dipakai untuk budidaya ikan mas di kolam beton, perlu diiapkan. Kolam tersebut tidak keseluruhan terbuat dari beton, hanya bab dindingnya saja sedangkan bab dasar terbuat dari tanah. Kolam dibentuk dengan kuran 8 m x 5 m x 1 m. Selanjutnya lakukan pengeringan kolam dengan tujuan untuk menghilangkan hama dan bibit penyakitdi tanah atau dasar kolam. Pengeringan di lakukan selama 3 hari sampai dasar kolam benar-benar kering yang biasanya ditandai dengan tanah retak-retak.


Pembuatan Kakaban


Pemasangan kakaban dalam kolam dilakukan untuk melekat telur ikan mas alasannya yaitu sifat telur ikan mas yang mengapung. Jarak pemasangan kakaban ini dari permukaan air yaitu sekitar 5 cm dan jarak antar kakaban yaitu 35 cm. Kakaban dibentuk dengan ukuran panjang sekitar 150 cm, lebar 30 cm dan tinggi sekitar 48 cm.


Pengisian Air Kolam


Setelah kakaban sudah dipasang, selanjutnya lakukan pengisian air ke dalam kolam, air yang dipakai yaitu air irigasi. Air diisi sampai ketinggian 5 cm dari kakaban yang telah dibuat.


Penebaran Benih ikan Mas Dalam Kolam


Ikan yang akan dibudidaya tidak pribadi ditebar pribadi dalam kolam tetapi terlebih dahulu diletakkan dalam kolam atau bejana yang telah diisi air kolam sekitar 1 jam supaya sanggup menesuaikan dengan lingkungan. Selanjutnya gres benih ikan sanggup ditebar dalam kolam budidaya. Penebaran benih dalam kolam sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari.


Pemberian Pakan Ikan Mas


Pada hari pertama dan kedua sehabis penebaran ikan masih memakan organisme alami yang ada dalam kolam, sehabis hari ketiga barulah beri makan pelet yang mengandung 15% karbohidrat, 20% protein, dan 20% lemak. Pemberian pakan ini dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari  yaitu pada pagi hari, sore hari, malam hari supaya ikan cepat besar.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Beton/Semen Bagi Pemula Supaya Cepat Besar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses Budidaya Ikan Mas Di Kolam Beton/Semen Bagi Pemula Supaya Cepat Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel