Cara Menanam dan Merawat Bunga Angelonia Bagi Pemula, Mudah dan Sukses

Cara Menanam dan Merawat Bunga Angelonia Bagi Pemula, Mudah! – Tanaman hias bunga angelonia (Angelonia angustifonia) yaitu salah satu tumbuhan hias bunga yang terkenal sebagai tumbuhan hias pot maupun pekarangan rumah. Tanaman hias bunga angelonia ini merupakan tumbuhan orisinil Meksiko sampai Hindia Barat. Bunga angelonia juga disebut dengan bunga summer snapdragon alasannya bunga angelonia seakan-akan dengan lisan naga yang jikalau ditekan akan membuka dan menutup. Bunga angelonia berwarna ungu, pink, putih dan ada yang bicolor yang berkumunan pada batangnya membuatnya sekilas seakan-akan dengan tumbuhan bunga snapdragon.


Tanaman bunga angelonia ini mempunyai bentuk daun hijau memanjang dan bergerigi pada bab tepinya. Daun tumbuhan bunga ini mempunyai aroma yang khas seakan-akan dengan apel. Tanaman angelonia ini sanggup tumbuh sampai ketinggian 65 cm bahkan sanggup lebih tinggi apabila dalam kondisi cuaca panas. Tanaman hias angelonia ini cukup toleran terhadap hama dan juga kekeringan. Batang tumbuhan bunga ini menghasilkan bunga sepanjang 60 cm dan sangat sedap dipandang.


Bunga angelonia ini sanggup tumbuh dan mekar dengan gampang tanpa membutuhkan perlakuan perawatan yang khusus. Cara menanam dan merawat bunga angelonia sanggup dilakukan melalui biji ataupun melalui stek, berikut ini selengkapnya:


Cara Menanam Bunga Angelonia


Cara Menanam Angelonia Dari Biji


Pertama, biji angelonia yang berukuran kecil diambil dari polong yang sudah kering. Kemudian keringkan terlebih dahulu biji tersebbut kemudian semai dalam ruangan selama 6-12 minggu.


Siapkan pot dan juga media tanam. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu adonan pupuk kompos dan materi organik lainnya. Setelah itu, semai biji benih ke media tanam.


Selama proses perkecambahan, simpan benih yang sudah disemai pada daerah yang teduh yaitu sampai 7-14 hari sehabis tanam.


Setelah itu, secara sedikit demi sedikit pindahkan tumbuhan bunga angelonia ke daerah yang terkena sinar matahari teduh di luar ruangan.


Bunga angelonia ini memerlukan waktu sekitar 14 ahad semenjak penyemaian sampai muncul bunga pertama.


Cara Menanam Angelonia Dengan Stek Batang


Tanaman bunga angelonia ini akan gampang dan cepat tumbuh jikalau ditanam melalui stek batang. Tanam batang stek angelonia pada media tanam yang mempunyai drainase yang baik. Apabila kondisi tanah dan lingkungan mendukung maka sehabis 2 minggu, batang stek akan berakar.


Cara Menanam Angelonia Dengan Pemisahan Rumpun


Gali tumbuhan angelonia dengan akarnya kemudian pisahkan menurut rumpun akarnya. Selanjutnya tanam tumbuhan angelonia tersebut dalam pot. Letakkan pada daerah yang teduh, lakukan penyiraman pada awal penanaman. Jika tumbuhan sudah tumbuh, tidak perlu dilakukan penyiraman secara intens.


Cara Merawat Bunga Angelonia


Tanaman angelonia akan tumbuh dengan baik pada daerah dengan paparan sinar matarahi penuh sepanjang hari namun juga toleran terhadap daerah teduh sebagian. Meskipun begitu, lakukan penyiraman sesekali apabila tanah sudah kelihatan mengering.


Apabila tumbuhan bunga hias angelonia ini ditanam pada lahan yang luas maka setiap tumbuhan diberi jarak sekitar 25-30 cm, semoga sirkulasi udaranya tetap terjaga dengan baik.


Agar nutrisi yang diharapkan tumbuhan bunga angelonia tercukupi, lakukan pemupukan setiap 2 bulan sekali dengan memakai pupuk kompos atau pupuk cair. Agar angelonia menghasilkan daun yang lebih rimbun, lakukan pemangkasan dan sehabis 2-3 ahad tumbuhan angelonia akan kembali berbunga.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Angelonia Bagi Pemula, Mudah!“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Angelonia Bagi Pemula, Mudah dan Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel