Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Lobelia Dalam Pot Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Lobelia Dalam Pot Bagi Pemula – Tanaman bunga lobelia (Lobelia Chinensis Herba) yakni salah satu tumbuhan hias bunga yang tidak hanya populer alasannya mempunyai bunga yang indah dengan warna bermacam-macam menyerupai putih, ungu, biru dan merah, tumbuhan ini juga dikenal gampang tumbuh melalui biji dan bisa tumbuh disemua musim.


Selain alasannya keindahan bunganya, tumbuhan ini banyak digemari para pecinta tumbuhan hias, ternyata tumbuhan ini banyak ditanam alasannya mempunyai banyak manfaat, rasa herbal pada tumbuhan ini tajam dan manis, mempunyai suhu netral. Senyawa kimia yang terdapat pada tumbuhan bunga ini diantaranya alkaloid piperidin dan lobeline. Beberapa khasiat/manfaat herbal bunga lobelia yaitu sebagai diuretik, mengurangi edema, pembengkakan wajah, neoplasias, tumor (lambung, hati, karsinoma rektal), tonsilitis, sebagai penghilang atau penetralisir racun akhir gigitan ular, infeksi gigitan serangga, mengencerkan dahak pada batuk berdahak (mukolitik), napas terengah-engah, asma dan edema.


Jika anda ingin menanam tumbuhan hias bunga lobelia ini, kalian tidak perlu khawatir alasannya menanam bunga lobelia ini tidak begitu sulit. Tanaman hias bunga lobelia ini sanggup ditanam diberbagai media tanam dan sanggup ditanam di tanah langsung, pot atau pot gantung. Tapi disarankan memakai pot gantung alasannya bila ditaman dengan pot gantung bunga akan menjuntai kebawah dan indah.


Cara Menanam Bunga Lobelia Dalam Pot


Pertama, siapkan media tanam. Selanjutnya taburkan benih biji bunga lobelia secara merata di atas media tanam tersebut. Tekan tanah secara perlahan untuk menghilangkan udara di dalamnya.


Selanjutnya, simpan tumbuhan pada kawasan yang teduh atau dalam ruangan. Benih tumbuhan bunga ini menyukai kelembaban yang konstan dan sedikit air. Cara baik untuk menjaga kelembaban media tanam yaitu dengen menyemprotkan air secara bertahap. Apabila benih terlalu banyak terendam air maka memerlukan yang usang untuk tumbuh. Proses ini memerlukan waktu sekitar 3 ahad untuk benih berkecambah. Setelah itu, simpan pada kawasan yang terkena sinar matahari cukup.


Cabut dan pindahkan bibit bunga lobelia yang paling kecil biar bibit bunga yang lebih besar sanggup tumbuh sehat dan kuat, teruskan perawatan pada bibit tersebut sampai benih tumbuh setinggi 3-4 inchi.


Agar tumbuhan bunga lobelia ini tumbuh kuat, tahan kering dan tidak patah maka lakukan hardering. Letakkan tumbuhan bunga ini di bawah matahari selama satu jam pada hari pertama, durasi penyinaran ini diberikan secara sedikit demi sedikit sampai tumbuhan sanggup mengikuti keadaan pribadi dengan sinar matahari secara pribadi sepanjang hari.


Cara Merawat Tanaman Bunga Lobelia


Lakukan penyiraman secukupnya setiap pagi atau sore hari biar bunganya sanggup mekar sepanjang hari. Untuk menambah nutrisi pada tumbuhan ini lakukan pemupukan.


Jika tumbuhan sudah sangat lebat, lakukan pemangkasan, biar tumbuhan lebih terlihat terawat dan lebih indah.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Lobelia Dalam Pot Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Lobelia Dalam Pot Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel