Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tanduk Rusa Di Rumah Bagi Pemula MUDAH

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Tanduk Rusa Di Rumah Bagi Pemula – Bunga Tanduk Rusa atau Simbar Menjangan atau Platycerium bifurcatum merupakan tumbuhan jenis paku-pakuan yang mempunyai bentuk yang unik dan juga eksotis. Tanaman bunga tanduk rusa ini hidup dengan cara menempel pada tumbuhan kayu namun tidak merugikan.


Tanaman tanduk rusa ini hidup menempel pada pohon lain dengan tegak dan kokog namun bukan benalu melainkan epifit sejati dengan akar menempel pada batang lain atau bebatuan. Batang bunga tanduk rusa ini berupa rimpang lunak akan tetapi liat dan sulit dipotong serta tidak tumbuh menjalar.


Daun tanduk rusa mengandung saponin, flavonoid dan juga polifenol sehingga sanggup dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Manfaat tumbuhan tanduk rusa diantaranya ialah untuk mengobati demam, abses, bisul,radang rahim, gondok, haid tidak teratur dan juga menyuburkan kandungan.


Klasifikasi Tanaman Tanduk Rusa

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Divisi: Pteridophyta

Kelas: Pteridopsida

Subkelas: Polypoditae

Ordo: Polypodiale

Famili: Polypodiaceae

Genus: Platycerium

Spesies: Platycerium bifurcatum


Karena keunikan tumbuhan tanduk rusa dan manfaatnya, banyak orang yang menanam tumbuhan tanduk rusa ini sebagai tumbuhan hias. Berikut selengkapnya:


Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tanduk Rusa


Pembibitan Bunga Tanduk Rusa


Seperti kebanyakan bunga yang menempel, pembibitan tumbuhan tanduk rusa ini dilakukan dengan cara merampal atau memisahkan bab kumpulan indukan yang menempel pada inangnya. Lepaskan dengan memakai pisau atau sekop taman dengan perlahan semoga akar tidak rusak. Jika sudah berhasil dipisahkan, ambil media tanam berupa akar pakis kemudian ikatkan bibit tersebut. Selanjutnya lakukan perawatan dan penyiraman secara teratur sampai muncul akar gres yang cukup baik, sehabis itu gres tumbuhan sanggup ditanam di pohon inang.


Penanaman Bunga Tanduk Rusa


Pertama, bersihkan pohon inang yang akan ditempeli bunga tanduk rusa. Setelah itu, semprotkan sedikit pupuk cair pada pohon inang. Kemudian tempel bibit tanpa akar pakis dan ikat dengan besar lengan berkuasa tapi hati-hati. Berikan sedikit pupuk cair dengan cara disemprotkan pada tanaman. Jika tanduk rusa menempel dengan sempurna, lepaskan ikatannya semoga tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik.


Perawatan Bunga Tanduk Rusa


Tanaman tanduk rusa sangat bergantung pada perawatan semenjak awal masa tanamnya. Jika tumbuhan ini ditanam dan dirawat dengan baik, hampir niscaya penyiraman hanya dilakukan dikala awal-awal masa tanam saja. Selanjutnya hanya kalau terlihat layu saja. Sebaiknya penyiraman tersebut dilakukan bersamaan dengan pemupukan dengan pupuk cair.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tanduk Rusa Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tanduk Rusa Di Rumah Bagi Pemula MUDAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel