Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Dalam Pot Agar Cepat Berbuah  – Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) ialah salah satu jenis tumbuhan obat di Indonesia. Tanaman mahkota ilahi ini berasal dari Irian Jaya atau Papua. Tanaman mahkota ilahi ini sanggup tumbuh dengan ketinggian sekitar 3 meter dan ukuran batangnya tidak terlalu besar, tumbuhan ini biasa ditanam untuk tumbuhan peneduh. Buah pada tumbuhan ini berwarna merah menyala yang tumbuh pada kepingan batang sampai ranting tumbuhan tersebut, buah inilah yang biasanya dipakai untuk obat. Tidak hanya pada kepingan buah saja yang bermanfaat daunnya pun bermanfaat sebagai obat.


Klasifikasi Mahkota Dewa

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudicots

(tidak termasuk): Rosids

Ordo: Malvales

Famili: Thymelaeaceae

Genus: Phaleria

Spesies: P. macrocarpa


Pada tumbuhan mahkota ilahi terdapat beberapa zat aktif ibarat Alkaloid, Saponin, Flavonoid,dan Polifenol dengan manfaat Dapat menetralisir racun di dalam badan alasannya ialah bersifat detoksifikasi, Sumber anti basil dan anti virus, Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Dapat meningkatkan vitalitas, Dapat mengurangi kadar gula dalam darah, Dapat mengurangi penggumpalan darah dan banyak lagi yang lainnya.


Cara Menanam Mahkota Dewa Di Dalam Pot


Syarat Tumbuh Mahkota Dewa


Tanaman mahkota ilahi sanggup tumbuh dengan baik pada kawasan pada ketinggian sekitar 0-1600 m dpl dengan mempunyai curah hujan sekitar 1000-2500 mm/tahun, suhu sekitar 20°C-33°C dan kelembapan sekitar 70%-90%. Tanah yang baik untuk menanam mahkota ilahi yaitu tanah yang subur dan mempunyai kandungan organik yang tinggi dengan pH sekitar 5,5-7,2.


Pembibitan Mahkota Dewa


Pembibitan tumbuhan mahkota ilahi sanggup dilakukan dengan cara generatif atau memakai biji dan dengan cara vegetatif atau dicangkok. Dengan cara pencangkokan memang tumbuhan mahkota ilahi akan cepat berbuah, tapi sebaiknya pembibitan dilakukan dengan memakai biji atau cara generatif.


Bibit yang akan ditanam sebaiknya disemai terlebih dahulu pada media semai sampai bibit muncul tunas. Tunas sanggup dipindahkan ke pot sekitar umur 2 bulan atau setelah bibit mempunyai ketinggian sekitar 10-15 cm.


Persiapan Media Tanam Mahkota Dewa


Media tanam yang perlu disiapkan untuk menanam mahkota ilahi yaitu tanah, pupuk, pupuk sangkar atau pupuk kompos, dan pasir atau sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1, kemudian masukan ke dalam pot tanam (ukuran disesuaikan), kemudian siram media tersebut sampai basah. Biarkan selama 1 sampai 2 jam barulah buat lubang tanam untuk menanam bibit tumbuhan mahkota ilahi tersebut.


Penanaman Mahkota Dewa


Setelah semuanya siap, maka segera lakukan penanaman. Tanam bibit pada lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya. Timbun kembali lubang tanam tersebut dan padatkan, kemudian lakukan penyiraman secukupnya untuk menjaga kelembaban media tanam.


Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Mahkota Dewa


Lakukan penyiraman ketika tumbuhan gres ditanam atau setelah ditanam sampai berumur 6 bulan. Pada ketika sudah berumur 6 bulan penyiraman sudah tidak diharapkan lagi alasannya ialah akan pada tumbuhan mahkota ilahi tersebut sudah dalam.


Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk organik ibarat pupuk sangkar atau pupuk kompos, alasannya ialah jikalau memakai pupuk non organik ditakutkan mengurangi khasiat tumbuhan mahkota ilahi tersebut. Karena tumbuhan mahkota ilahi termasuk tumbuhan tanaman tahunan, maka sepanjang tahun perlu dilakuakn penyiangan secara terpola yaitu setidaknya 3 sampai 4 kali.


Jika tumbuhan mahkota ilahi terjangkit hama ibarat ulat buah, belalang dan kutu putih. maka lakukan pemberantasan dengan memakai pestisida alami sesuai dengan dosis.


Waktu Panen Mahkota Dewa


Buah mahkota ilahi sanggup dipanen pada ketika tumbuhan sudah berumur sekitar 2 bulan. Buah mahkota ilahi yang siap panen umumnya berwarna merah terperinci sampai maroon serta berbau manis.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Dalam Pot Agar Cepat Berbuah “, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Dalam Pot Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel