Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Mirten Untuk Tanaman Bonsai Bagi Pemula

Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Mirten Untuk Tanaman Bonsai Bagi Pemula – Tanaman mirten atau tumbuhan dengan nama ilmiah Malphigia Caccigera merupakan salah satu jenis tumbuhan perdu yang berasal dari Hindia Belanda dan terkenal sebagai tumbuhan bonsai. Tanaman mirten ini mempunyai karekateristik , berbatang tidak begitu besar tapi keras, mempunyai ranting berukuran kecil, menjulur dan memanjang. Daun tumbuhan mirten ini tumbuh padat, rimbun, berukuran kecil bergelombang dengan bentuk umumnya bergerigi berwarna hijau bau tanah dan hijau muda. Tanaman mirten ini mempunyai bunga berukuran kecil berwarna putih dengan corak kuning disalah satu bagian. Tanaman mirten ini juga mempunyai buah yang muncul pada usia tertentu, buah mirten berwarna merah dengan kuncup di belahan ujungnya.


Tanaman dengan nama lain kelingkit taiwan ini selain dijadikan tumbuhan bonsai juga dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias pagar. Tanaman mirten sanggup tumbuh dengan subur disegala jenis tanah pada tempat dengan ketinggian sekitar 800 m dpl.


Cara Menanam dan Merawat Tanaman Mirten


Persiapan Bibit Tanaman Mirten


Perbanyakan bibit tumbuhan mirten sanggup dilakukan dengan cara penanaman melalui biji atau dengan cara stek. Jika melalui biji, maka biji sanggup disemaiterlebih dahulu pada media semai berupa adonan tanah dan pupuk sangkar atau kompos dengan perbandingan 1:1. Semaikan sampai biji tumbuh menjadi bibit setinggi 10-15 cm gres dipindahkan ke media tanam sebenarnya. Pembibitan dari biji mempunyai tumbuhan bonsai.


Cara Menanam Tanaman Mirten


Pertama, buatlah media tanam dengan komposisi sama dengan media semai ialah adonan tanah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbadingan 1:1. Jika media tanam sudah siap, maka tanam bibit dengan arah dan posisi yang diinginkan, namun akar harus tertutup seluruhnya. Buatkan gundukan untuk menutup akar belahan pangkal batang atas. Setelah itu, lakukan penyiraman dengan air secukupnya biar tumbuhan tidak layu sebab kekeringan.


Cara Merawat Tanaman Mirten


Perawatan tumbuhan mirten sanggup dimulai dari penyiraman sekaligus pemupukan dengan memakai pupuk cair setiap satu ahad sampai dua ahad sekali secukupnya saja. Bentuk tumbuhan sesuai impian dengan memakai kawat lunak biar tidak merusak kulit batang. Lepaskan kawat dan sisihkan gundukan tanah untuk menciptakan tumbuhan bonsai yang manis dengan akar dan arah batang yang unik.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Mirten Untuk Tanaman Bonsai Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Mirten Untuk Tanaman Bonsai Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel