Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Bunga Sambang Colok atau Aerva Di Rumah Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Bunga Sambang Colok Di Rumah Bagi Pemula – Bayam merah hias atau bunga Aerva, Erva, erfah, sambang colok (Aerva sanguinolenta sy. Achyranthes sanguinolenta L., Achyranthes scandens Roxb., Aerva scandens (Roxb.) Moq., Aerva timorensis Moq., Aerva velutina Moq.) merupakan salah satu jenis tumbuhan hias daun yang mempunyai batang dan daun berwarna merah maroon.


Tanaman inimerupakan tumbuhan herba tegak yang sanggup tumbuh dengan ketinggian mencapai 0,5-2 meter, mempunyai batang lingkaran dengan pangkal berkayu, beruas, berwarna merah keunguan dan bercabang. Daunnya tunggal berwarna merah, bertangkai dan tumbuh berhadapan, berbentuk lingkaran dengan ujung terbelah, pecahan tepi rata, pangkal meruncing, pertulangan menyirip, pada sisi atas berkilat dan berbulu pendek.


Daun sambang colok mengandung senyawa alkaloid, minyak atsiri dan flavonoid. Daun sambang colok bermanfaat atau sanggup dipakai sebagai obat haid kurang teratur, obat untuk menghilangkan rasa nyeri haid, obat kencing kurang lancar, obat kencing nanah, obat kurang darah, obat keputihan, obat cacing dan obat radang rahim.



Klasifikasi Tanaman Sambang Colok

Kingdom: Plantae

Divisio : Spermatophyta

Sub divisio : Angiospermae

Classis : Dicotyledonae

Ordo : Carryophyllales

Familia : Amaranthaceae

Genus : Aerva

Species : Aerva sanguinolenta



Tanaman aerva atau sambang colok iini biasanya tumbuh liar di halaman atau ladang dengan ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut. Bunga ini sanggup ditemukan di Afrika, Malaysia, Cina pecahan selatan, Filipina, Taiwan pecahan selatan dan Indonesia. Di Indonesia penyebarannya terdapat di kawasan Jawa dan Madura. Bunga sambang colok ini banyak ditanam di halaman rumah sebagai tumbuhan hias.


Cara Menanam dan Merawat Tanaman Sambang Colok


Cara Pembibitan Bunga Sambang Colok


Bunga sambang colok sanggup diperbanyak dengan cara stek batang. Tapi supaya lebih cepat tumbuh, sebaiknya lakukan stek bersama dengan akarnya. Selanjutnya bibit harus pribadi ditanam, jikalau tidak sempat ditanam pribadi maka bibit sanggup diletakkan ditempat yang lembab supaya tidak layu atau mati.


Cara Menanam Bunga Sambang Colok


Sebelum melaksanakan penanaman, siapkan terlebih dahulu media tanamnya. Media tanam yang perlu disiapkan ialah adonan tanah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1.


Jika sudah siap semua, segera lakukan penanaman. Tanam bibit bayam hias atau sambang colok ini di media tanam kemudian timbun dengan media tanam kembali dan agak ditekan supaya tumbuhan sanggup tumbuh dengan tegak dan tidak gampang roboh. Setelah tamat melaksanakan penanaman, lakukan penyiraman supaya bibit tumbuh segar.


Cara Merawat Bunga Sambang Colok


Lakukan penyiraman secara bersiklus ialah setiap 1 sampai 2 hari sekali terutama ketika tumbuhan terlihat kering atau layu. Lakukan pula proteksi nutrisi berupa pupuk pada tumbuhan secara bersiklus minimal setiap satu bulan sekali. Pemupukan ersebut sanggup dilakukan dengan memakai pupuk cair maupun pupuk tabur.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Bunga Sambang Colok Di Rumah Bagi Pemula“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Bunga Sambang Colok atau Aerva Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel