Cara Menanam dan Merawat Bunga Oleander Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Oleander Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Bunga oleander, bunga jepun atau bunga mentega merupakan tumbuhan bunga perdu anggota keluarga Apocynaceae yang sanggup berbunga sepanjang tahun. Bunga oleander ini berasal dari Afrika bab utara, bab timur Mediterania dan juga Asia Tenggara. Bunga oleander merupakan tumbuhan perdu tegak yang sanggup tumbuh dengan ketinggian sekitar 2-5 meter. Bunga oleander menyerupai dengan bunga kamboja, bunga oleander ini mempunyai banyak varian warna menyerupai pink, merah, putih, kuing dan lain sebagainya.


Klasifikasi Bunga Oleander

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Asteridae

Ordo: Gentianales

Famili: Apocynaceae

Genus: Nerium L.

Spesies: N. oleander


Daun oleonder mengandung oleandrin, oleandrigenin, 16-acetylgitoxigenin, oleandros, neriantin, adynerin, deacetyloleandrin, rutin, dambonitol. Kulit batang tumbuhan bunga oleander ini mengandung adoroside A,B,C,D,F,G,H,K dan lainnya, digitoxigenin, uzarigenin. Sedangkan bunganya mengandung gitoxigenin dan strospesid.


Dengan banyaknya kandungan zat pada tumbuhan bunga oleander ini, tentunya tumbuhan ini mempunyai banyak manfaat. Manfaat bunga oleander ini bagi kesehatan diantaranya sebagai peluruh kencing, peluruh dahak, membantu mengobati gagal jantung, lemah jantung, ayan, sesak napas, eksim dan nyeri alasannya yakni penggumpalan darah.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Oleander


Cara Pembibitan Bunga Oleander


Pembibitan atau perbanyakan bunga oleander ini sanggup dilakukan dengan cara stek batang. Batang yang akan dijadikan bibit dipilih batang yang sudah sampaumur yaitu minimal telah berumur sekitar 6 bulan. Jika sudah ditentukan batang mana yang akan dijadikan bibit, potong miring batang dengan memakai pisau tajam dan sanggup pribadi ditanam semoga tidak layu.


Cara Menanam Bunga Oleander


Sebelum penanaman dilakukan, siapkan media tanam terlebih dahulu. Media tanam yang sanggup dipakai sanggup berupa gabungan tanah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1.


Jika semuanya sudah siap, tanam batang bibit dengan arah ke atas (posisi tegak). Kemudian sesudah final melaksanakan penanaman, lakukan penyiraman semoga bibit tidak layu.


Cara Merawat Bunga Oleander


Perawatan yang perlu dilakukan pada tumbuhan bunga oleandra ini yaitu penyiraman dan pemupukan. Penyiraman sanggup dilakukan secara teratur setiap sehari sekali dan kalau tumbuhan sudah tumbuh dengan baik penyiraman sanggup dilakukan seperlunya saja (jika dibutuhkan).


Pemupukan sanggup dilakukan secara rutin minimal setiap dua bulan sekali. Pemupukan tersebut sanggup memakai pupuk tabur maupun pupuk buatan atau pupuk organik.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Oleander Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Oleander Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel