Cara Menanam dan Merawat Bunga Sutra Bombay Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Sutra Bombay Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga Bagi Pemula – Sutra Bombay (Portulaca grandiflora Hook) ialah salah satu jenis tumbuhan bunga hias yang banyak ditanam di pekarangan rumah atau taman. Bunha sutra Bombay atau dalam bahasa inggris disebut mossrose atau rossmose ialah tumbuhan bunga yang berasal dari Amerika Selatan ibarat Argentina, Brazil Selatan dan Uruguay, namun sekarang sudah tersebar luas di Asia tenggara dan tempat beriklim panas lainnya.


Klasifikasi Sutra Bombay

Kingdom: Plantae

Divisi: Tracheophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Caryphyllales

Famili: Portulacaceae

Genus: Portulaca L.

Spesies: Portulaca grandiflora Hook.


Sutra bombay merupakan tumbuhan terna semusim berbatang berair dan tumbuh keatas dengan ketinggian sekitar 15-30 cm. Daun bunga sutra bombay ini tunggal, tebal berair dan tidak bertangkai dengan letak daun berseling berdesakan dibagian ujung batang.


Bunga sutra bombay ini mempunyai banyak warna bunga diantaranya ibarat putih, merah, kuning, pink, jingga dan lain sebagainya dengan lima petal mahkota bunga dan berdiamater sekitar 2,5-3 cm. Keunikan bunga sutra bombay ini yaitu bunga akan mekar pada sekitar pukul 8 pagi dan akan layu dikala menjelang sore. Bunga sutra bombay ini mempunyai manfaat dan khasiat, manfaat bunga sutra bombay yaitu akar bunga sanggup membantu mengobati sakit tenggorokan, ruam kulit dan sebagai zat detoksifikasi. Selain itu juga sanggup menghilangkan bekuan darah dan dipakai sebagai zat analgesik dan anti radang.


Jika anda ingin menanam dan budidaya bunga sutra bombay ini, berikut cara membudidayakan bunga sutra bombay dan merawatnya:


Cara Menanam dan Merawat Bunga Sutra Bombay


Cara Pembibitan Bunga Sutra Bombay


Pembibitan atau perbanyakan bunga sutra bombay sanggup dilakukan dengan cara stek batang. Caranya cukup mudah, potong batang tumbuhan yang akan dijadikan bibit dan sanggup pribadi di media tanam. Tapi bila belum sempat menanamnya, bibit sanggup mampu disimpan di tempat lembab atau berair supaya bibit tidak layu.


Cara Menanam Bunga Sutra Bombay


Sebelum melaksanakan penanaman, siapkan terlebih dahulu media tanam berupa gabungan tanah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1.


Jika semuanya sudah siap, lakukan penanaman segera. Tanam bibit bunga sutra bombay pada media tanam dan agaak padatkan supaya tumbuhan kokoh dikala terkena air hujan atau angin. Lakukan penyiraman secara intersif pada dikala masa awal tumbuh.


Cara Merawat Bunga Sutra Bombay


Perawatan yang perlu dilakukan pada tumbuhan bunga sutra bombay ini yaitu penyiraman dan pemupukan. Karena tumbuhan bunga sutra bombay tidak membutuhkan banyak air, penyiraman sanggup dilakukan seperlunya saja. Sedangkan pertolongan nutrisi tumbuhan berupa pupuk sanggup dilakukan secara rutin setiap 1,5 sampai 2 bulan sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Sutra Bombay Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Sutra Bombay Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel