Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Flamboyan Bagi Pemula Di Rumah

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Flamboyan Bagi Pemula Di Rumah – Flamboyan (Delonix regia) merupakan tumbuhan dengan pohon besar dan bunga berwarna merah cerah. Flamboyan tumbuh melebar membentuk ibarat kanopi atau payung dengan ketinggian sekitar 9-15 meter diatas permukaan laut. Pohon flamboyan banyak ditanam di kawasan tropis dan sub tropis sebagai tumbuhan hias.


Ciri-ciri flamboyan: daun flamboyan mempunyai permukaan berbulu dengan sistem pertulangan daun menyirip. Bunga flamboyan berwarna indah yaitu merah atau oranye merah, bunga tersebut mempunyai diamaeter yang cukup besar yaitu sanggup mencapai ukuran sekitar 10 cm. Selain mempunyai warna oranye cerah dan bab mahkota paling atasnya terdapat warna putih kekuningan dengan bercak berwarna merah.


Klasifikasi ilmiah Flamboyan

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Fabales

Famili: Fabaceae

Genus: Delonix

Spesies: D. Regia


Selain bunganya yang indah, ternyata bunga ini mempunyai banyak khasiat dan manfaat diantaranya yaitu sanggup dijadikan sebagai obat malaria alasannya ialah daun dan bijinya mengandung alkanoid yang cukup tinggi; sebagai penghiasan ruangan; sebagai tumbuhan peneduh


Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Flamboyan


Cara Pembibitan Tanaman Bunga Flamboyan


Pembibitan flamboyan sanggup dilakukan melalui biji. Ambil biji flamboyan yang sudah tua, kemudian dijemur dibawah terik matahari sampai biji benar-benar kering total, kemudian simpan biji tersebut dengan selama sekitar 3-4 minggu. Selanjutnya, sehabis disimpan kurang lebih sekitar 3-4 minggu, biji disemai pada media tanam yang dibentuk dari adonan tanah dan pupuk kompos atau pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1. Semai biji dan rawat dengan baik sampai bibit setinggi 1 m gres sanggup dipindahkan ke lahan tanam permanen.


Cara Menanam Bunga Flamboyan


Jika bibit sudah siap, lakukan penanaman segera. Tanam bibit ke media tanam yang sama ibarat cara pengolahan media semai tadi yaitu adonan tanah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Buat lubang dengan kedalaman minimal sekitar 50 cm dan tanam dengan arah tegak lurus semoga tumbuhan tumbuh dengan baik. Kemudian, timbun kembali dan padatkan media tanam semoga kuat. Lalu lakukan penyiraman secara rutin dikala awal masa tumbuhnya.


Cara Merawat Tanaman Bunga Flamboyan


Perawatan yang perlu dilakukan pada tumbuhan bunga flamboyan ini diataranya penyiraman, penyiangan dan juga pemupukan. Pemupukan dilakukan untuk menyuburkan tanah, pemupukan tersebut sanggup dilakukan secara terjadwal yaitu setiap 2,5-3 bulan sekali. Tapi meskipun tidak dipupuk sama sekali pohon flamboyan akan tetap tumbuh baik dan berbunga indah namun tidak lebat.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Flamboyan Bagi Pemula Di Rumah” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Flamboyan Bagi Pemula Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel