Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Palem Botol Di Rumah Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Palem Botol Di Rumah Bagi Pemula – Palem Botol, Bottle Palm atau Palmiste Gargoulette (Hyophorbe lagenicaulis) merupakan salah satu jenis tumbuhan palem yang bisanya ditanam sebagai tumbuhan hias pekarangan rumah. Tanaman palem botol ini berasal dari Mauritius, tepatnya di Round Island.


Klasifikasi Palem Botol

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Arecales

Famili: Arecaceae

Genus: Hyophorbe

Spesies: Hyophorbe lagenicaulis


Ciri-ciri palem botol ini adalah mempunyai bentuk menyerupai palem pada umumnya, namun batang bab bawahnya menggelembung menyerupai botol. Pohon palem botol ini sanggup tumbuh besar atau di bonsai, sehingga tak heran jikalau tumbuhan ini sangat diminati untuk dijadikan sebagai tumbuhan hias di dalam maupun luar ruangan menyerupai tanam. Berikut ini cara menanam dan merawat palem botol untuk tumbuhan hias di rumah:


Cara Menanam dan Merawat Palem Botol


Cara Pembibitan Palem Botol


Bibit tumbuhan palem botol sanggup diperoleh melalui biji yang dihasilkan pohon palem botol tersebut. Caranya yaitu, pilih dan ambil biji palem botol yang sudah benar-benar bau tanah kemudian keringkan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Setelah itu, simpan selama beberapa minggu. Selanjutnya semaikan biji bibit ke media semai yang dibentuk dari adonan tanah yang gembur dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Lakukan perawatan berupa penyiraman secara berkala, Setelah berumur 3 bulan bibit palem botol sanggup dipindah tanamkan ke lahan tanam yang sebenarnya. Jika anda tidak mau repot, anda sanggup membeli bibit palem botol di toko bunga.


Cara Menanam Palem Botol


Pertama siapkan terlebih dahulu media tanam yang sama menyerupai media yang dipakai untuk semai bibit palem botol adalah adonan tanah yang gembur dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1.


Buat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 15-20 cm. Jika sudah siap, lakukan penanaman segera. Tanam bibit palem botol pada lubang tanam yang telah dibuat, sehabis itu timbun kembali dan padatkan sekitar areal tumbuhan kemudian lakukan penyiraman.


Cara Merawat Palem Botol


Karena tumbuhan palem botol ini termasuk tumbuhan yang tahan terhadap kekeringan, jadi penyiraman sanggup dilakukan dikala tumbuhan mengalami kekeringan saja. Lakukan juga penyiangan pada gulma yang tumbuh di sekitar tumbuhan jikalau sudah rimbun. Lakukan perampalan pada daun palem botol yang kering. Agar tumbuhan palem botol ini lebih subur, maka berikan nutrisi berupa pupuk. Pemupukan ini sanggup dilakukan secara bersiklus setiap sebulan sekali dengan memakai pupuk sangkar atau pupuk kompos yang ditabur diareal pangkal pohon.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Palem Botol Di Rumah Bagi Pemula“, agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Palem Botol Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel